Saturday , 7 December 2019
Home » Ekonomi » Siswa SMK Diperkenalkan Teknologi Fuel Injection Yamaha

Siswa SMK Diperkenalkan Teknologi Fuel Injection Yamaha

Koordinator Sales DDS II Jawa Barat, Anton, memberikan penjelasan soal Yamaha New V-Ixion, di Karawang, Sabtu (22/12).

JABARTODAY.COM – KARAWANG

Bertujuan memperkenalkan teknologi motor Fuel Injection, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing mengadakan Workshop YMJET_FI (Yamaha Mixture Jet Fuel Injection) kepada siswa SMK Sunan Gunung Djati dan komunitas motor, Yamaha Motor Club Indonesia (YMCI) di Borobudur Cafe, Jalan Raya Galuh Mas, Karawang, Sabtu (22/12).

Menurut Koordinator Service Education DDS II Jawa Barat, Joko Santoso, Fuel Injection adalah bahan bakar yang disemprotkan. Sedangkan, sepeda motor berinjeksi bukan sesuatu yang baru, karena teknologi injeksi telah lama dipergunakan di pesawat terbang pada tahun 1930, dan Yamaha sejak tahun 1982. “Dahulu spare part injeksi mahal, tapi sekarang sudah tidak mahal,” paparnya di hadapan puluhan peserta.

Selain itu, ditambahkan Joko, Fuel Injection bertugas menentukan jumlah bahan bakar dan timing pengapian. Teknologi sensor Yamaha sendiri merupakan yang paling lengkap dan paling canggih, sensor tekanan adalah keunggulan Yamaha yang tidak dimiliki pesaing lainnya. “Teknologi sensor Yamaha, diantaranya crankshaft position sensor, sensor coolant/oil, dan sensor oksigen,” jelasnya.

Kegiatan tersebut sekaligus perkenalan kepada publik Karawang produk terbaru Yamaha, New V-Ixion, yang menggunakan teknologi Fuel Injection. Seperti disampaikan Koordinator Sales DDS II Jawa Barat, Anton, di tahun 2013, Yamaha telah menyiapkan single seater, seperti motor Ninja.“Tampilan Yamaha New V-Ixion akan menjadi lebih sangar,” tuturnya.

Dirinya juga optimis di tahun 2013 nanti, Yamaha New V-Ixion akan meraih penghargaan Bike of The Year dan Rookie of The Year. Seperti diutarakannya, saat ini masih banyak orang yang takut dengan teknologi injeksi. “Kita yakin motor injeksi Yamaha akan booming di tahun 2013,” tegas Anton.

Tidak hanya sekedar teori, Yamaha juga menunjukkan cara kerja sistem injeksi. Para peserta juga diperkenankan melakukan tes drive motor matic Yamaha Mio J.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Supervisor Technical Support Yamaha Bayu, Area Marketing Development Yamaha Karawang Coki, serta Technical Division Yamaha Ridwan. (AVILA DWIPUTRA)