UNIKU Menerbitkan Jurnal Ilmiah ENGLISH REVIEW

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – KUNINGAN

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PBI FKIP UNIKU) menerbitkan jurnal ilmiah ENGLISH REVIEW:  Journal of English Education. Jurnal berbahasa Inggris ini terbit pertama kali pada 1 Desember 2012 (Volume 1, Issue 1, December 2012) dan terbit dua kali dalam setahun: Juni dan Desember. Jurnal ilmiah ber-ISSN 2301-7554 ini diharapkan bisa menggairahkan iklim riset dan kajian ilmiah di bidang pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia.

Pemimpin Redaksi Jurnal ENGLISH REVIEW, Fahrus Zaman Fadhly mengungkapkan jurnal ini merupakan wahana silaturrahim akademik dan intelektual bagi para guru, dosen, peneliti atau praktisi bahasa Inggris untuk memublikasikan hasil penelitian dan kajian mereka terkait pengajaran bahasa Inggris, pragmatik, linguistik, dan sastra. Karya-karya ilmiah dosen dan pengajar di Indonesia banyak yang berkualitas dan memiliki reputasi internasional. Karena itu, pihaknya menyediakan ruang bagi para peneliti dan pengajar bahasa Inggris dari berbagai negara untuk menyebarkan hasil riset dan kajian mereka di jurnal ilmiah ini.

“Jurnal ilmiah ini diproyeksikan menjadi jurnal terakreditasi nasional dan bereputasi internasional. Alhamdulillah, para penulis dari sejumlah negara seperti China, India, Malaysia dan Iran mengirimkan artikelnya kepada dewan redaksi ENGLISH REVIEW. Namun, dari hasil seleksi dewan penyunting dan mitra bestari, baru artikel dari China dan Iran yang dianggap layak muat pada edisi perdana ini,” tutur Fahrus kepada wartawan di kampus UNIKU, Kuningan, Minggu (16/12).

Jurnal ini diterbitkan dalam versi cetak dan online. Versi online-nya sendiri dapat diakses secara gratis melalui laman http://englishreview-journal.uniku.ac.id. “Sesuai anjuran Dirjen Dikti Depdikbud, sejak awal 1 Desember  2012 lalu, kami menggunakan Open Journal System (OJS), sehingga memudahkan penulis dan pengelola dalam mengelola jurnal dan memperluas akses untuk penelitian,” jelasnya.

OJS adalah sebuah sistem manajeman konten berbasis web yang khusus dibuat untuk menangani keseluruhan proses manajemen publikasi ilmiah dari proses call for paper, peer review, hingga penerbitan dalam bentuk online. OJS memudahkan peran pengelola jurnal, administrator, kontributor, editor, reviewer, penulis, dan pembaca. OJS merupakan inovasi model pengelolaan jurnal dari konvensional menjadi model jurnal online.

Rektor UNIKU, Dr. H. Iskandar, MM mengungkapkan penerbitan jurnal ini membawa ke era baru bagi universitas kami. “Seperti dikatakan oleh banyak ahli bahwa hasil penelitian akan selesai jika mereka telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah. Oleh karena itu, saya akan mendukung setiap upaya untuk mempromosikan budaya akademik kami sehingga harapan kami untuk menjadi universitas swasta terbaik di Jawa Barat dapat diwujudkan. Saya yakin, kami bisa memenuhi harapan itu bersama-sama. Dan, penerbitan jurnal ilmiah adalah pintu gerbang ke kesempatan bagi kita untuk mewujudkan impian itu,” ungkap Iskandar yang baru terpilih kembali sebagai Rektor UNIKU periode 2012-2017.

Acara peluncuran (launching) jurnal ini sendiri akan dilakukan pada Minggu, 30 Desember 2012 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNIKU. (FTH)

 

 

Related posts