Transaksi Penjualan Buku PBB 2012 Ditargetkan Rp. 5 M

  • Whatsapp
Pengunjung PBB 2011 saat mendatangi stand penjualan buku. Pada pameran tahun ini, transaksi penjualan buku ditargetkan mencapai 67 persen. (ISTIMEWA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Transaksi penjualan buku dalam Pameran Buku Bandung (PBB) 2012 yang berlangsung di Landmark Convention Hall, Jl. Braga 129 Bandung, pada 2-8 Oktober mendatang, ditargetkan mencapai Rp. 5 miliar. Targetan transaksi itu lebih besar Rp. 2 miliar dibandingkan pameran tahun 2011 yang mencapai angka Rp. 3 miliar.

Ketua Bidang Promosi Buku Ikapi Jabar, Ir. H. Sembodo, mengungkapkan, sebanyak 102 stand penerbit buku dipastikan akan mengikuti perhelatan itu. “Penerbit yang berpartisipasi dalam Pameran Buku Bandung 2012 bukan hanya berasal dari Bandung. Partisipan pameran juga berasal dari DKI Jakarta, Yogyakarta, dan beberapa kota lain di Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” ujar Sembodo, Senin (1/10).

Menurut Sembodo, penetapan target transaksi penjualan buku yang naik hingga 67 persen sangat wajar. Pasalnya, kata dia, peminat buku yang datang ke arena pameran dari tahun ke tahun terus bertambah.

“Biasanya, jumlah pengunjung membeludak pada hari Sabtu dan Minggu. Berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, jumlah pengunjung pada akhir pekan itu bisa mencapai 20 ribu orang. Sedangkan pada hari-hari biasa rata-rata sebanyak 10 ribu pengunjung,” ujar Sembodo.

Sekretaris Panitia PBB 2012,  Idham Fitriadi, mengungkapkan, PBB 2012 bukan sekadar mengejar omzet penjualan buku. Event itu, kata dia, juga mengusung misi sosial.

“Ikapi membantu program Bawaku (bantuan walikota khusus) Pendidikan Pemkot Bandung. Dalam program itu, Ikapi memberikan wakaf buku ke sekolah-sekolah di Kota Bandung,” tutur Idham. (DEDE SUHERLAN)

Berita Terkait