Tolak Parcel, Dede Yusuf Sebar Kencleng Peduli Dhuafa

  • Whatsapp
Wakil Gubernur Jabar Dede Yusuf. (MUSIKALLUTUNGKASARUNG.COM)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf menegaskan dirinya tidak menerima pemberian parcel dari siapa pun. Sebaliknya, Dede mengajak anggota Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat untuk mengalihkan parcel menjadi sumbangan bagi mereka yang kurang beruntung.

“Kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sejak beberapa tahun terakhir adalah menolak pemberian parcel untuk pejabat. Yang boleh bila pejabat memberikan parcel untuk bawahannya,” kata Dede Yusuf di sela buka bersama Kadin Jabar di Grand Preanger Hotel, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Rabu (8/8).

Kepada para pejabat yang kebetulan menerima kiriman parcel dari mitra kerja maupun pihak lain, salah satu kandidat populer untuk pemilihan gubernur Jabar ini meminta untuk melaporkan kepada pihak terkait. Dia sendiri secara tegas menolak pemberian parcel.

“Makanya saya menunggu-nunggu kiriman parcel dari Ketua Kadin nggak sampai-sampai. Memang karena memang tidak akan dikirim. (Ketua Kadin) sudah tahu saya tidak menerima,” ujar Dede sambil tersenyum. Ketua Kadin Jabar Agung Sutisno yang berdiri di sampingnya langsung tersenyum sambil mengangguk.

Alih-alih mengirim parcel kepada pejabat, Dede yang sore itu mengenakan batik biru mengajak para pengusaha untuk memperhatikan kaum dhuafa alias mereka yang kurang beruntung secara finansial. Caranya, pemeran Andy dalam film layar Catatan si Boy meminta pengusaha untuk mengisi kencleng yang isinya akan disumbangkan kepada dhuafa.

“Ramadan membawa berkah bagi umat Islam. Selama Ramadan ini kita sibuk menjalin silaturahim, buka puasa bersama di mana-mana. Tidak ada salahnya bila kita memberikan perhatian kepada saudara kita yang kurang beruntung. Perlu kita ingat masih banyak saudara kita yang kurang mampu, tidak bisa sahur dan berbuka seperti kita,” kata Dede menutup sambutan singkatnya menjelang berbuka puasa.

Tidak lama kemudian, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat ini mengeluarkan segepok amplop kosong dari sakunya. Sebagian lagi disiapkan ajudannya. “Ini untuk disebarkan sebagai kencleng untuk pengusaha. Bukan amplop untuk wartawan,”  ujarnya dengan nada bercanda. Dede lantas bergegas menghampiri beberapa pengusaha yang tersebar di sejumlah meja.

Sesaat sebelumnya, Ketua Kadin Jabar Agung Sutisno mengaku pihaknya tengah menyiapkan kegiatan bakti sosial pengusaha. Rencanya, Kadin Jabar akan memberikan 10 ribu paket bantuan kepada masyarakat tidak mampu di Jawa Barat.(NJP)

Related posts