Wednesday , 20 November 2019
Home » Bandung Raya » Timbulkan Keresahan, Polda Jabar Akan Razia Imigran Gelap

Timbulkan Keresahan, Polda Jabar Akan Razia Imigran Gelap

imigran-iran-dalamJABARTODAY.COM – BANDUNG

Kepolisian Daerah Jawa Barat akan menggelar razia terhadap keberadaan para imigran gelap yang ada di wilayah hukum Polda Jabar. Keberadaan para imigran gelap tersebut telah menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Keresahan tersebut antara lain kegaduhan di malam hari saat warga lainnya istirahat maupun ibadah, dugaan adanya aktivitas asusila (prostitusi), kegiatan sex dengan anak di bawah umur, kekhawatiran peredaran narkoba, mengganggu ketertiban umum, pelanggaran lalu lintas, peredaran miras, dugaan kawin kontrak, kesalahpahaman dengan warga lokal, diantaranya akibat transaksi sewa alat transportasi berupa mobil atau sepeda motor, serta perilaku mereka yang bertentangan dengan norma sosial setempat atau kearifan lokal,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar, Komisaris Besar Martinus Sitompul, Kamis (14/8/2014).

Martin mengungkap, sejumlah wilayah di Jabar, seperti di daerah Cisarua, Megamendung, dan Ciawi Kabupaten Bogor, terdapat para imigran gelap. Dan keberadaan imigran gelap di wilayah tersebut jumlahnya terus bertambah. Kedatangan para imigran gelap tersebut, sambungnya, disinyalir diberangkatkan oleh sebuah sindikat. “Mereka umumnya berduit dan selalu menggunakan mobile phone setiap berkomunikasi. Mereka nginap di hotel dan menyewa rumah penduduk di daerah tersebut,” jelas Martin.

Para imigran gelap tersebut dinilai telah melecehkan kehormatan negara, terjadinya tindak-tindak kriminalitas seperti terjadinya pelecehan seksual dan timbulnya masalah-masalah sosial. Pasalnya, dari segi budaya tidak sama. “Selain itu perbedaan bahasa membuat keberadaan mereka tidak nyambung dengan masyarakat setempat,” pungkasnya. (VIL)