Lima Kebakaran Warnai Malam Pergantian Tahun

  • Whatsapp
Kebakaran (Ilustrasi)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

 

Setelah meledaknya trafo di Gardu Cigereleng yang membuat sebagian Kota Bandung gelap gulita pada malam pergantian tahun, sekitar pukul 19.00, Senin (31/12). Kembali kebakaran terjadi tepat di samping Pendopo Kota Bandung, sekitar pukul 22.30 namun berkat kesigapan petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung kobaran api yang muncul dari tiang listrik milik PLN tersebut berhasil dipadamkan.

 

Menjelang pergantian tahun, Bandung diguyur hujan deras, namun lagi-lagi api berkobar sekitar pukul 00.40 atau Selasa (1/1), tepatnya di Cibaduyut Lama yang melalap bangunan dua lantai yang menjual makanan ringan. Sebanyak enam unit mobil pemadam dari Kota dan Kabupaten Bandung dikerahkan untuk melokalisasi api supaya tidak merembet ke bangunan lainnya, dalam waktu satu jam api dapat dipadamkan.

 

Belum sempat menghela napas, petugas Diskar Kota Bandung kembali disibukkan dengan terjadinya kebakaran yang menghanguskan enam rumah di Gang Tamim RT 07/01 Kelurahan Kebon Jeruk Kecamatan Andir, pukul 02.10.

 

Awalnya petugas datang hanya menggunakan tiga unit mobil, namun api yang berkobar pada bangunan rumah yang merangkap gudang kain tersebut terus berkobar dengan cepat. Rumah kontrakan milik pedagang kaki lima tersebut luluh lantak, mereka yang kehilangan tempat tinggal, yaitu Edi, Budi, Ursal, Husin dan Sam, yang pada saat kejadian ada yang tinggal di dalam rumah, ada pula yang sedang merayakan malam pergantian tahun.

 

Menurut Budi (56), saat kejadian dirinya sedang tertidur bersama dua kakaknya, kemudian ia mendengar teriakan orang-orang yang meminta dirinya keluar rumah. “Ketika saya membuka pintu, tampak di depan rumah saya yang hanya berjarak tiga meter api sudah membumbung tinggi. Namun berkat kesigapan petugas, rumah serta jiwa saya terselamatkan,” ujarnya.

 

Diskar Kota Bandung sendiri mengerahkan 10 unit mobil, yang dibantu oleh Kota Cimahi satu mobil, Kabupaten Bandung satu mobil, Soreang satu mobil, Kabupaten Bandung Barat satu mobil, satu unit dari Pemprov Jawa Barat, serta satu unit mobil Rescue, yang didukung 2 unit mobil medis dari PMI Kota Bandung.

 

Selain itu terjadi pula kebakaran sebuah rumah yang lokasinya tidak jauh dari Masjid Daarut Tauhid, sekitar 100 meter dari mesjid milik da’i kondang Aa Gym. Insiden di jalan Gegerkalong Girang tersebut dapat dipadamkan oleh warga sekitar. Sedangkan kebakaran di Gang Tamim baru selesai pada pukul 06.00.

 

Dalam seluruh peristiwa kebakaran tersebut tidak terdapat korban jiwa, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. “Penyebabnya diduga hubungan arus pendek listrik,” ujar Totiy Yuhasnmana, petugas Diskar Kota Bandung. (AVILA DWIPUTRA)

Related posts