Tiap Daerah Harus Punya Ikon Budaya

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf

WAKIL Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf berjanji untuk memberikan perlindungan kepada kebudayaan daerah. Caranya dengan membuat database budaya khas daerah Jawa Barat. Namun begitu, bukan semua pihak harus turut memberikan perlindungan kepada kebudayaan yang berkembang di daerah masing-masing.

“Setiap daerah, dalam hal ini kabupaten dan kota, harus memiliki ikon daerah masing-masing. Kalau bicara angklung misalnya, tentu kita ingat Kota Bandung. Atau sisingaan, sudah tentu Kabupaten Subang. Garut punya jeruk,” kata Dede Yusuf di Gedung Sate, Kamis (21/6).

Database kesenian, kata Dede, sangat penting untuk menjaga keberadaan budaya itu. Berbekal data lengkap, pemerintah akan mengetahui mana saja kebudayaan yang dimilikinya. Termasuk ketika ada daerah atau negara lain yang mengklaim.

“Misalnya Vietnam mengklaim angklung kebudayaan mereka, kita lihat belajarnya dari mana. Kalau belajar dari (Saung Angklung) Udjo, berarti dari kita. Kesenian itu selalu memiliki root (akar). Kita lihat akarnya dari mana,” kata Dede Yusuf.

“Tentu menjadi kewajiban kita semua untuk menjaga dan merawatnya. Tentu, itu tidak mudah. Batik saja memiliki ratusan motif, mana yang perlu didaftarkan ke HAKI. Karena itu, kami rasa setiap daerah perlu memiliki ikon daerah masing-masing untuk menjadi unggulan,” kata Wagub. (Najip Hendra SP)

Berita Terkait