Tempat Pengetesan Antigen di Stasiun Bertambah

  • Whatsapp
Petugas melakukan pengetesan terhadap calon penumpang kereta api yang akan bepergian jarak jauh.

JABARTODAY.COM – BANDUNG Stasiun yang memiliki tempat pengetesan Covid-19 berbasis antigen di wilayah Daerah Operasi 2 Bandung bertambah. Sebelumnya ada empat stasiun yang melayani tes cepat antigen, yakni Stasiun Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, dan Banjar.

“Penambahan ini merupakan langkah kami untuk membantu masyarakat dalam memenuhi persyaratan bepergian jarak jauh dengan menggunakan kereta api di masa PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) darurat,” ujar Manager Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 2 Bandung Kuswardoyo, Senin (5/7/2021).

Penambahan empat stasiun yang melayani tes cepat antigen bertarif Rp85 ribu, merupakan Sinergi BUMN antara KAI dan Indofarma. Empat stasiun tambahan, yakni Stasiun Cimahi, Cipeundeuy, Cibatu, dan Purwakarta.

Kuswardoyo mengimbau kepada calon penumpang untuk merencanakan dengan baik antara waktu tes di stasiun dengan jadwal keberangkatan kereta mereka. Hal ini guna menghindari keterlambatan  naik moda transportasi berjuluk ular besi.

“Pada masa PPKM darurat, kami tetap menghadirkan layanan transportasi sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah untuk membantu masyarakat yang tetap harus bepergian. Dan khusus di Stasiun Bandung diadakan secara random rapid test antigen bagi pengguna KA Lokal KRD Bandung Raya,” cetusnya.

Baca Juga

Kuswardoyo mengemukakan, sejak 5-20 Juli 2021, calon penumpang kereta api, utamanya jarak jauh, di Pulau Jawa dan Sumatera wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2×24 jam atau tes cepat antigen maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.

“Khusus perjalanan KA jarak jauh di Pulau Jawa, calon penumpang juga diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama,” pungkasnya. (*)

Berita Terkait