Taufiqurrahman Ruki Siap Jadi Komisaris BJB Lagi

jabartoday.com/net
jabartoday.com/net

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Beberapa bulan silam, melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) PT Bank Pembangunan Daerah Jabar Banten Tbk alias bank bjb yang saat itu agendanya memilih posisi direktur utama, mantan petinggi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Taufiqurrahman Ruki, terpilih sebagai Komisaris Utama bank bjb. Akan tetapi, berselang beberapa bulan kemudian, posisi Komisaris Utama bank bjb kosong.

Pasalnya, Taufiqurrahman Ruki mendapat kepercayaan mengisi posisi Ketua KPK, guna menggantikan Ketua KPK non-aktif, Abraham Samad. Kendati demikian, ternyata, Taufiqurrahman Ruki berpeluang untuk kembali menjadi komisaris utama lembaga perbankan milik BUMD Jabar-Banten itu.

“Taufik sebentar lagi habis masa jabatannya sebagai pejabat KPK. Itu karena jabatannya selaku Pelaksana Tugas Ketua (Plt) KPK. Untuk itu, kami meminta yang bersangkutan untuk kembali menjadi komisaris bank bjb. Pak Taufik menyatakan siap,”  tandas Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, usai RUPS LB yang agendanya memilih posisi Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko bank bjb, di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatotsubroto Bandung, Jumat (29/5).

Aher, sapaan akrabnya, meneruskan, kesiapan dan kesiadaan Taufiqurrahman Ruki tersebut karena yang bersangkutan segera habis masa tugasnya sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pihaknya, ucap dia, sudah berkomunikasi dengan Taufiqurrahman Ruki mengenai posisi Komisaris Utama bank bjb.

Aher meneruskan, keinginan pihaknya untuk menjadikan Taufiqurrahman Ruki sebagai Konisaris Utama bank bjb bukan tanpa alasan. Menurutnya, hal itu bertujuan untuk menunjang kinerja lembaga perbankan yang berkantor pusat di Jalan Naripan itu.

Kinerja itu,  terangnya,  tidak hanya secara bisnis. Namun,  sambungnya, juga untuk lebih mendongkrak bank bjb agar menjadi  sebuah lembaga perbankan yang benar-benar bersih. “Jika demikian, tingkat kepercayaan publik meningkat. Otomatis, hal itu berefek positif,  tidak hanya bagi bank bjb,  tetapi juga warga Jabar-Banten,”  paparnya.

Tidak itu saja,  kata Aher, pihaknya menginginkan bank bjb sebagai champion region alias perbankan terbaik pada level provinsi. “Ini sesuai dengan harapan Pak Jokowi yang ingin BPD-BPD (bank pembangunan daerah.RED) menjadi champion region. Karenanya, bjb harus terus meningkatkan kinerjanya,  baik secara bisnis maupun sebagai perusahaan yang good clean government (GCG),”  tutupnya.  (ADR)

Related posts