Home » Peristiwa » Tahun Ini Heryawan Target Tanam 184 Juta Pohon

Tahun Ini Heryawan Target Tanam 184 Juta Pohon

Gubernur Heryawan menanam pohon pada puncak peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) di kawasan Puncak Resort, Cianjur. (HUMAS PEMPROV JABAR)

JABARTODAY.COM – CIANJUR

 

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menargetkan sampai akhir 2012 mendatang Pemerintah Provinsi Jawa Barat bisa menanam 184 juta pohon. Program ini dalam rangka mendukung gerakan nasional menanam satu miliar pohon.

 

“Alhamdulillah pada 2012 sampai November sudah 15,3 juta pohon ditanam. Kita targetkan, karena ini sudah hujan, cuaca mendukung, sampai akhir tahun bisa 187 juta pohon bisa ditanam,” jelas Heryawan usai menanam pohon di lapangan Puncak Resort, Cianjur, Kamis (22/11) pagi.

 

Penanaman pohon oleh Gubernur yang akrab disapa Kang Aher ini merupakan puncak peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Bulan Menanam Nasional (BMN), Kampanye Indonesia Menanam (KIM), Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara (GPTP) serta pencanangan Gerakan Rehabilitasi Lahan Kritis (GRLK) tahun 2012 Tingkat Provinsi Jawa Barat. Pada 2011 lalu, Jabar sudah menanam sekitar 125 juta pohon. “Jadi tahun ini pun saya optimis bisa mencapai target. Kita akan libatkan semua unsur dan masyarakat hingga ke tingkat desa,” tegasnya.

 

Kang Aher yakin dengan tercapainya target itu, beberapa masalah terkait kerusakan lingkungan bisa diatasi. “Longsor dan banjir jadi sedikit, dan bisa menyumbang mengatasi permasalahan pemanasan global,” tuturnya.

 

Apalagi, sambung dia, Provinsi Jawa Barat  diharapkan menjadi salah satu provinsi yang turut andil dalam penyerapan emisi karbon. Di Jabar terdapat 820.147,46 hektar hutan, atau sebesar 22,1 persen luas daratan Jabar. “Meski begitu masih ada sekira 50 persen lagi wilayah di Jabar yang perlu kita hijaukan. Kita semua siap menjadikan Jabar sebagai provinsi hijau,” tandas Kang Aher.(HUMAS PEMPROV JABAR/NJP)