Tahun Baruan di Puncak, Datang Sebelum Pukul 18.00!

  • Whatsapp
Happy New Year 2013

JABARTODAY.COM – BANDUNG

 

Bagi Anda yang ingin melintasi jalur puncak menuju ke Jakarta atau sebaliknya pada malam pergantian tahun, lewatlah sebelum pukul 18.00. Dikarenakan pada Senin (31/12), akses jalan di area tersebut akan ditutup. Hal itu dipastikan oleh Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Tubagus Anis Angkawijaya.

 

“Bagi masyarakat yang ingin merayakan malam tahun baru di puncak, untuk bisa masuk sebelum pukul 18.00,” kata Anis di Mapolrestabes Bandung, Jumat (28/12).

 

Anis menyebut akan menurunkan 560 personel kepolisian untuk melakukan pengamanan, lalu juga ditambah dua kompi Brigadir Mobil, yakni Cianjur dan Bogor. Anis tidak menutup kemungkinan untuk berada di Puncak untuk memantau kondisi.

 

“Kita sudah melakukan sosialisasi ke berbagai media massa supaya memberikan informasi, terutama bagi warga Jakarta, Bogor dan Bandung yang akan merayakan Tahun Baru di Puncak, supaya bisa datang lebih awal sebelum ditutup,” imbaunya.

 

Anis juga menegaskan, untuk keamanan bersama, para pejabat pun tidak bisa masuk wilayah Puncak jika sudah melebihi pukul 18.00. “Saya kira supaya aman, pejabat pun tidak masuk puncak pada pukul 18.00. Itu lebih aman, jika mau masuk puncak harus jalan kaki. Kalau tidak harus masuk sebelum 18.00,” terang Anis.

 

Sementara itu, kepadatan kendaraan menuju Puncak sudah terjadi sejak hari ini, Sabtu (29/12). Dan diprediksi pada malam pergantian tahun akan mencapai puncaknya. Hal itu disampaikan oleh Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Kota Ajun Komisaris Erwin Syah. “Kepadatan sudah mulai terlihat sejak gerbang tol Ciawi,” ujarnya, saat dihubungi.

 

Penutupan jalan atau, kata Erwin, pengalihan arus lalu lintas, dilakukan untuk mengurangi kepadatan kendaraan yang datang dari Jakarta. Karena, berkaca dari tahun lalu, masyarakat Jakarta selalu merayakan pergantian tahun di tempat tersebut.

 

Erwin menginformasikan bagi masyarakat yang akan melalui jalur Puncak setelah pukul 18.00, akan dialihkan ke Jonggol, Ciawi maupun Sukabumi. “Bagi masyarakat yang akan melanjutkan perjalanan dari Cianjur bisa melewati jalur Jonggol, lalu meneruskan ke Sukabumi dan bertemu di Bogor. Begitu juga dari arah Jakarta bisa melewati jalur Sukabumi, Jonggol atau Ciawi,” tutupnya. (AVILA DWIPUTRA)

Related posts