Car Free Night Hanya Ada di Dago

  • Whatsapp
Car Free Night Tahun 2013

JABARTODAY.COM – BANDUNG

 

Kepolisian Resor Kota Besar Bandung menegaskan hanya ada satu area untuk malam bebas kendaraan atau Car Free Night di Kota Bandung. Jalur yang akan diberlakukan pada malam pergantian tahun atau 31 Desember itu dimulai dari Simpang Dago hingga Jalan Merdeka (simpang Jalan Riau). Hal itu disampaikan oleh Kapolrestabes Bandung Komisaris Besar Abdul Rakhman Baso dalam jumpa pers evaluasi akhir tahun 2012.

 

“Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, bahwa kawasan Dago selalu berhenti total jelang detik-detik pergantian tahun baru,” kata Rakhman di Mapolrestabes Bandung, Sabtu (29/12).

 

Rakhman mengatakan, Car Free Night akan dilakukan sejak pukul 21.00-03.00. Mengapa diadakan cukup malam? Karena kepolisian ingin memberikan ruang gerak pada masyarakat untuk melakukan kegiatan. “Di situ kan ada restoran, rumah sakit, jadi kita melihat masih banyak aspek kegiatan yang dilakukan masyarakat,” ujarnya.

 

Disebut Rakhman, pihaknya ingin memberikan pemahaman ke masyarakat untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Pemberlakuan CFN sendiri dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya penumpukan kendaraan dan menghindari stuck atau macet total saat malam pergantian tahun. “Kita tahu sendiri kalau Tahun Baru macetnya mengekor kemana-mana,” terangnya.

 

Menanggapi adanya kabar Car Free Night yang akan dilakukan beberapa titik seperti Tamblong atau Otto Iskandardinata, Rakhman menepis hal tersebut. Kalaupun ada, lanjutnya, bersifat situasional, seperti di Jalan Asia-Afrika.

 

Untuk kantong-kantong parkir ada beberapa tempat yang direkomendasikan bagi masyarakat, seperti Taman Sari, Dayang Sumbi, Babakan Siliwangi, bahkan Gasibu. Karena, menurut Rakhman, pihaknya belum menerima izin penyelenggaraan kegiatan di lapang tersebut. “Kalau tidak ada kegiatan, silakan saja gunakan untuk parkir,” tutupnya. (AVILA DWIPUTRA)

Related posts