Sosialisasikan Pilgub, KPU Gandeng Pemuka Agama

JABARTODAY.COMĀ – BANDUNG

100 orang pemuka agama dari 5 agama di Indonesia berkumpul di Hotel Lingga, Jalan Soekarno-Hatta, untuk mengikuti sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2013 mendatang, yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung, Rabu (14/11). Hadir untuk menyosialisasikan hal tersebut adalah anggota KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarok.

Kota Bandung kan akan menghadapi 2 pemilukada (pemilihan kepala daerah) 2013 mendatang. Dan kita sebagai penyelenggara, memiliki kewajiban untuk menyosialisasikan hal tersebut pada masyarakat,” ujar Rifqi, seusai acara.

Seperti diketahui, pada 2013 akan terjadi 2 pesta demokrasi di Kota Bandung, yaitu Pemilihan Gubernur Jabar dan Pemilihan Walikota Bandung. Diajaknya para pemangku kepentingan, khususnya pemuka agama, untuk melakukan sinergitas dalam peningkatan peran serta masyarakat.

“Ini untuk membuat masyarakat agar menggunakan hak pilihnya pada pemilukada nanti,” lanjutnya.

Dituturkannya, para pemuka agama juga agen potensial yang memiliki posisi strategis untuk menyebarkan pemahaman dan pengetahuan tentang penyelenggaraan pemilu. Dan sosialisasi ini sebagai cara untuk melakukan hal tersebut.

“Bila nantinya partisipasi masyarakat meningkat, kita sebagai panitia harus menyediakan fasilitas penunjang kegiatan tersebut,” imbuhnya.

KPU Kota Bandung sendiri berharap Sosialisasi Pilgub Jabar 2013 bagi Unsur Keagamaan Kota Bandung ini dapat dijadikan bahan dan sarana memberikan informasi kepada masyarakat yang memiliki keragaman agama, agar nantinya mengerti tentang hak dan kewajiban Warga Negara Indonesia dalam penyelenggaraan demokrasi.

“Disamping itu, dengan adanya sosialisasi ini diharapkan masyarakat Bandung memiliki political awareness, political knowledge dan political will tentang pemilukada dan dapat meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilgub mendatang,” tutup Rifqi. (AVILA DWIPUTRA)

Related posts