“Saya Ingin Bahagiakan Orang Tua”

foto: erwin adriansyah
foto: erwin adriansyah

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Penampilannya sederhana. Namun, di balik penampilannya itu, pria bernama Bagus Karyanegara ini adalah sosok pengusaha yang punya keinginan kuat. Kuatnya keinginan dia itu tidak hanya untuk mengembangkan bisnisnya, tetapi juga ada hal lain yang lebih mulia.

“Saya punya lima anak. Otomatis, argo (biaya. RED) berputar cepat. Karenanya, saya membuka bisnis. Tapi, tidak itu saja, saya ingin membahagiakan orang tua. Tanpa mereka, saya bukan apa-apa. Mumpung masih ada kesempatan,” tandas Bagus saat soft launching Resto Sop Iga Pa Iing, Jalan Pelajar Pejuang 45 Bandung, belum lama ini.

Pria berusia 46 tahun ini mengatakan, membuka bisnis kulier merupakan salah satu bentuk kecintaannya kepada keluarga dan orang tua. Dalam mengembangkan bisnis yang baru dirintisnya ini, Bagus mengaku mengoptimalkan resep-resep masakan keluarganya. Adalah sop iga yang menjadi menu jagoannya.

Bagus pun sedikit memberi kiat-kiat menjadi seorang pebisnis. Menurutnya, untuk menjadi seorang pelaku usaha, bukan perkara mudah. Pasalnya, jelas dia, menjadi pengusaha tidak hanya permasalahan modal. Akan tetapi, lanjutnya, keinginan dan mental yang kuat. Selain itu, sambungnya, pengusaha harus memiliki jiwa inovatif dan punya jaringan pasar. “Produknya pun harus punya ciri khas. Itu dapat menjaring bahkan membuat pangsa pasar menjadi semakin besar,” ucap Bagus, yang sebelum membuka bisnis kuliner, memiliki sejumlah usaha.

Dasar lain yang membuat Bagus menggeluti bisnis kuliner yaitu keberkaitannya dengan sektor pariwisata. Itu karena Bagus adalah Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Bogor. “Kuliner adalah bagian kepariwisataan. Apalagi, kuliner yang berbasis makanan lokal. Sebenarnya, produk kuliner lokal punya daya tarik luar biasa bagi para wisatawan. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya dan mengolahnya secara optimal,” paparnya.

Seperti halnya pebisnis lain, Bagus pun berkeinginan untuk mengembangkan jaringan kulinernya. Rencananya, ucap pria yang saat itu ber-sweater hitam tersebut, dia membuka cabang di beberapa titik Jabar. Antara lain Bogor dan Jakarta. Bahkan, tegasnya, pihaknya pun memiliki rencana untuk membuka jaringan secara lebih luas.

Untuk melancarkan rencananya, Bagus menyiapkan sebuah pola bisnis. Dia berpendapat, adalah skema franchise yang siap dia kembangkan untuk menopang pertumbuhan bisnisnya tersebut. (ADR)

Related posts