Resmi Masuk Nasdem, Rahmawati Menangis

  • Whatsapp
JABARTODAY.COM
Rahmawati Sukarnoputri saat didaulat memberikan sambutan usai dikukuhkan menjadi anggota Partai Nasdem di Sabuga, Minggu (16/9). (NAJIP HENDRA SP/JABARTODAY.COM)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Pelantikan pengurus Partai Nasdem tingkat kecamatan dan desa di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) pada Minggu (16/9) sore menjadi momen spesial bagi Rahmawati Sukarnoputri. Putri mendiang Bung Karno ini secara resmi menjadi anggota partai yang didirikan Surya Paloh tersebut. Rahma pun didaulat memberikan sambutan di hadapan ribuan kader Partai Nasdem.

Seolah larut dalam nostalgia perjuangan Bung Karno muda selama di Bandung, Rahma tampak beberapa kali menitikkan air mata. Bahkan, sampai menangis tersedu-sedu. “Bung Karno mendapatkan inspirasi mengenai nilai-nilai kebangsaan yang kemudian dinamakan Pancasila di Bandung. Bagi Bung Karno, Bandung merupakan basis ideologi perjuangan untuk merebut kemerdekaan,” kata Rahma terbata-bata.

Mengapa bergabung ke Partai Nasdem? Rahma mengaku sempat berkontemplasi ketika Surya Paloh mengajaknya bergabung dengan partai yang identik dengan warna biru tua tersebut. Terlebih sejak 2007 lalu dia sudah menyatakan diri sebagai orang nonpartisan. Alasan lainnya, dia merupakan pendiri sekaligus ketua umum Partai Pelopor.

“Agar diketahui bahwa sejak 2007 lalu saya tidak bergabung dengan partai lagi. Tampuk kepemimpinan Partai Pelopor sudah serahkan kepada orang lain. Kalau saya sekarang memutuskan bergabung dengan Partai Nasdem, itu setelah saya melihat ada kecocokan antara ideologi saya dengan Nasdem,” papar Rahma yang naik ke atas panggung dengan bantuan beberapa orang karena sudah kesulitan berjalan.

“Saudara saya, Pak Surya Paloh, mengajak saja bergabung. Saya melihat ada kesamaan ideologi Surya Paloh dengan Bung Karno. Kalau saya ini anak biologis Bung Karno, maka Surya Paloh merupakan anak ideologis Bung Karno. Saya menyadari perlu lebih dari sekadar anak biologis (Bung Karno) untuk memberikan sesuatu kepada bangsa ini. Karena itu, saya masuk Partai Nasdem,” tambah Rahma disambut aplause ribuan kader Partai Nasdem.

Dengan bergabungnya ke dalam Partai Nasdem, Rahma menjamin bahwa partai yang didirikannya bakal segera mengikuti langkah yang diambilnya. Praktisnya, anggota Partai Pelopor akan diproyeksikan menjadi salah satu organisasi sayap Partai Nasdem. Cuma saja, Rahma tidak merinci lebih jauh rencana penggabungan partainya tersebut.

Sesaat sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem Patrice Rio Capela masuknya Rahmawati dapat menjadi suplemen gerakan perubahan di Partai Nasdem. “Kita akan terus menambah barisan nasionalis untuk bergabung dan membesarkan Partai Nasdem,” kata Patrice.(NJP)

Related posts