Home » Peristiwa » Polrestabes Bandung Kerahkan 1700 Personel Amankan Mayday

Polrestabes Bandung Kerahkan 1700 Personel Amankan Mayday

JABARTODAY.COM, BANDUNG

Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung bertekad untuk menurunkan 1700 personelnya guna mengamankan peringatan Hari Buruh Sedunia (Mayday). Peringatan tersebut akan berlangsung pada Selasa 1 Mei 2012 yang biasanya diwarnai dengan aksi demontrasi para buruh di seluruh kota Bandung dan sekitarnya.

“Sekitar 1.700 personel dikerahkan untuk peringatan mayday nanti. Tidak hanya itu, kendaraan taktis akan dikerahkan juga,” ucap Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Polrestabes Bandung, Ajun Komisaris Rosdiana, kepada wartawan di Bandung, Selasa (24/4/12).

Pengerahan persoanel itu ditujukan sebagai  usaha pengamanan serta antisipasi saat berlangsung aksi demo. Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, lanjut Rosdiana, kerap terjadi aksi di wilayah Kota Bandung, seperti di Gedung Sate. Mereka, tidak hanya berasal dari Kota Bandung, melainkan dari wilayah lain pun turut ambil bagian.

Menurut Rosdiana, dari sejumlah persoanel yang ada, nantinya akan ditempatkan 30 personel di setiap akses masuk dan keluar Kota Bandung. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan pengunjuk rasa dari luar Kota Bandung akan berdatangan.

Polrestabes Bandung juga menyediakan tim negosiator apabila nantinya harus terjadi negosiasi antara polisi dan pendemo.  “Kami juga siapkan satu tim dari negosiator yang dipimpin oleh seorang Polwan,” tegasnya.(farali)