Polda Bagikan 4000 Paket Kurban

Proses penyembelihan hewan kurban di Mapolda Jabar, Minggu (5/10). Dalam kesempatan tersebut, 13 ekor sapi dan 21 ekor domba dipotong jajaran Polda Jabar. (foto: BID HUMAS POLDA JABAR)
Proses penyembelihan hewan kurban di Mapolda Jabar, Minggu (5/10). Dalam kesempatan tersebut, 13 ekor sapi dan 21 ekor domba dipotong jajaran Polda Jabar. (foto: BID HUMAS POLDA JABAR)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Momen Idul Adha sudah sepantasnya digunakan jajaran kepolisian untuk meningkatkan kinerja dan pengabdian dalam mewujudkan ketertiban dan keamanan masyarakat demi keberlanjutan pembangunan nasional sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Itulah inti dari khotbah DR. H. Zainal Abidin, M.Ag, dosen Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, yang bertindak sebagai imam Shalat Idul Adha di Markas Kepolisian Daerah Jawa Barat, Minggu (5/10/2014).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Kepala Polda Jabar Brigadir Jenderal Rycko Amelza Dhaniel, beserta segenap pejabat utama Polda Jabar dan keluarganya.

Usai pelaksanaan Sholat Id, dilakukanlah penyembelihan hewan qurban yang diawali dengan penyerahan hewan qurban dari Kepala Polda Jabar Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan yang diwakili oleh Waka Polda Jabar kepada ketua panitia pelaksana penyembelihan qurban, yaitu Kepala Biro Sumber Daya Manusia Polda Jabar Komisaris Besar Budi Siswanto.

Dalam sambutannya, Rycko menyampaikan rasa terima kasih Kapolda kepada para pejabat dan anggota Polda Jabar yang telah berqurban tahun ini. “Keutamaan berqurban, menurut Kapolda, bahwa setiap helai rambut atau bulu dari hewan yang diqurbankan akan dihitung sebagai suatu kebaikan,” ucap Rycko.

Jumlah hewan qurban yang dititipkan di Mapolda Jabar sebanyak 38 ekor,  dengan rincian 17 ekor sapi dan 21 ekor domba. Dibandingkan dengan tahun 2013, untuk hewan qurban berupa sapi ada penurunan 2 ekor, yaitu dari 19 ekor menjadi 17 ekor, sementara hewan qurban berupa domba ada kenaikan 8 ekor, dari 13 ekor tahun 2013 menjadi 21 ekor pada tahun ini.

Adapun 17 ekor hewan qurban berupa sapi, diantaranya berasal dari Kapolda Jabar 2 ekor, Waka Polda Jabar 1 ekor, Gubernur Jabar 1 ekor, dari H. Enten selaku tokoh masyarakat 2 ekor, Direktorat Lalu Lintas 1 ekor, Karo SDM 1 ekor, Direktorat Reserse Kriminal Umum 1 ekor, Direktorat Reserse Kriminal Khusus 1 ekor, Direktorat Intelijen Keamanan 1 ekor, Direktorat Polisi Air 1 ekor, Bidang Teknologi Informasi 1 ekor, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Kabupaten Sukabumi 1 ekor, Pemerintah Kabupaten Bandung 1 ekor, serta pejabat Polda Jabar lainnya. Sementara hewan qurban berupa domba berasal dari pejabat utama dan pejabat lainnya di Mapolda Jabar.

Dari 17 ekor sapi, 13 ekornya akan disembelih di Mapolda Jabar, termasuk 21 ekor domba. Sementara empat ekor sapi lainnya dipotong di Satuan Brimob Polda Jabar sebanyak 1 ekor, di Dit Pol Air di Cirebon 1 ekor dan satu ekor lagi diserahkan ke panitia di Masjid Al Hasan di Panyileukan, Kota Bandung. Sementara pendistribusian hewan qurban yang dipotong oleh panitia di Mapolda Jabar, yaitu kepada yayasan/panti sosial asuh anak sebanyak 25 yayasan, PNS Gol I, PHL, dan Cleaning Service yang ada di Mapolda Jabar sebanyak 123 orang, petugas piket Mapolda Jabar dan masyarakat sekitar Mapolda Jabar sekitar 4.000 paket daging qurban. (VIL)

Related posts