Pilgub Jabar, 33 Ribu Personel Polisi Diturunkan

  • Whatsapp
antara

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Jelang Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013 mendatang, Polda Jabar menyiapkan 33 ribu personel untuk memastikan proses demokrasi tersebut berjalan lancar. Dikatakan Kepala Polda Jabar, Brigadir Jenderal (Pol) Tubagus Anis Angkawijaya, pengamanan Pilgub Jabar, yang akan dilaksanakan Minggu 24 Februari 2013, akan dilakukan melalui beberapa tahapan khusus.

“Untuk yang diturunkan di lapangan 27 ribu personel, sisanya akan ditempatkan di beberapa kantor,” ungkap Anis, usai Gelar Pasukan Operasi Praja Lodaya 2013 dalam rangka pengamanan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Provinsi Jabar 2013, di lapangan Gasibu, Kamis (6/12).

Anis menyebutkan, pengamanan ini untuk mengawal seluruh tahapan, mulai dari tahap pendaftaran, penetapan calon, penentuan nomor urut, deklarasi, hingga kampanye. “Kita akan melakukan pengamanan kurang lebih hingga 250 hari ke depan dengan menggelar Operasi Praja Lodaya, sekitar 33.618 personel bakal diterjunkan,” ujarnya.

Anis juga mengharapkan Komisi Pemilihan Umum Jabar, bisa mengatur jadwal kampanye dengan teratur kepada seluruh partai politik. Dikarenakan, Pilgub Jabar bersamaan waktunya dengan pemilihan kepala daerah di 4 kabupaten/kota.

“Jadi jangan sampai saat kampanye ada bentrok karena berbeda warna partai. Jika memang kampanye biru, maka yang di 4 kabupaten/kota tersebut juga harus berwarna biru, untuk menghindari bentrok,” imbaunya.

Di kesempatan sama, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mempercayakan keamanan Pilgub kepada TNI/Polri, serta pihak lainnya. Persiapan pengamanan itu, diharapkan Heryawan, harus diatas pengamanan biasa. “Jadi lebih baik meningkatkan pengamanan lebih tinggi, sebelum terjadi hal buruk, supaya bisa diantisipasi,” tandasnya. (AVILA DWIPUTRA)

Related posts