Permudah Klaim, Jasa Raharja Gandeng 48 Rumah Sakit

kecelakaanJABARTODAY.COM – BANDUNG
Sejauh ini, ternyata, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui adanya santunan kecelakaan yang ditanggung PT Jasa Raharja (Persero). Karenanya, untuk memudahkan masyarakat dalam hal penerimaan penyaluran santunan kecelakaan, Badan Usaha Milik Negara tersebut melakukan berbagai upaya. Di Jawa Barat, di antaranya, menjalin kerjasama dengan puluhan rumah sakit.
 
“Benar. Kami menjalin kerjasama dengan sekitar 48 rumah sakit,” ujar Kepala PT Jasa Raharja Cabang Jabar, Edy Supriadi, di PT Jasa Raharja Cabang Jabar, Senin (6/10/2014).
 
Menurutnya, pola kerjasama ini dapat memudahkan masyarakat untuk memperoleh pencairan dana santunan yang memang menjadi hak mereka. Selain itu, sambung dia, kerjasama itu pun memudahkan pihaknya untuk melakukan pendataan pencairan klaim santunan. “Apabila terjadi sebuah kecelakaan, rumah sakit-rumah sakit yang menjalin kerjasama dengan kami melakukan pendataan korban, kemudian menginformasikannya kepada kami,” jelasnya.
 
Setelah menerima informasi itu, ujar Edy, pihaknya melakukan pengecekan ke rumah sakit tempat korban menjalani perawatan. Pihaknya, kata Edy, juga mengecek jenis kecelakaannya. “Tapi, jika kecelakaan tunggal, tentunya, berdasarkan peraturan, kami tidak berkewajiban menyalurkan santunan,” sahut dia.
 
Setelah mendata korban, imbuh Edy, pihaknya membuat pelaporan kepada pihak kepolian. Jajarannya, tegas dia, yang membawa pelaporan kepolisian tersebut untuk selanjutnya melakukan proses pencairan dana santunan.
 
Upaya lainnya, ungkap dia, pihaknya pun membentuk mobile service, yang merupakan bagian Program Kerja Pencegahan Kecelakaan. Dalam program mobile service, terang Edy, pihaknya menyebar petugas yang berkeliling dan melakukan pemantauan untuk mengetahui ada tidaknya kecelakaan lalu lintas. “Bahkan, kami pun mendatangi lokasi kejadian. Upaya itu untuk memudahkan kami dalam hal mendata korban kecelakaan sekaligus mempercepat proses pencairan dana santunan,” tutupnya. (ADR)

Related posts