Pemprov Jabar Dukung Program Nyaah ka Kolot

  • Whatsapp
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

JABARTODAY.COM – BANDUNG

 

Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen terus memberikan dukungan konkret dalam rangka memberdayakan dan peningkatan kesejahterahan para lanjut usia secara terpadu dan berkelanjutan. Gedung sate juga akan mendukung semua upaya, baik itu dari pemerintah psat maupun daerah dalam rangka menempatkan kaum lanjut usia dalam porsi pembangunan.

 

“Kita akan mendukung program Manyolot (Masyarakat Nyaah Ka Kolot) dengan kegiatan benah usahanya dan program Sanyolot (Santri Nyaah Ka Kolot) dengan kegiatan majelis taklim lansia, saba imah dan kegiatan lainnya,” ungkap Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di hadapan ratusan peserta Musyawarah Daerah II Lembaga Lansia Indonesia (LLI) Provinsi Jawa Barat di Aula Kantor Bappeda Provinsi Jawa Barat, Sabtu (4/11) pagi.

 

Heryawan juga meminta bupati dan wali kota membantu LLI di wilayahnya masing-masing. Menurutnya, sejak 2008 lalu Pemprov Jabar sudah memberikan bantuannya kepada LLI Jabar. Bila tahun 2008 bantuan hanya senilai Rp 500 juta, pada 2009 senilai Rp 600 juta dan 2010 senilai Rp 900 juta. Sejak 2011 dan 2012, besar bantuan mencapai Rp 2,2 miliar per tahun.

 

“Ini merupakan wujud perhatian Pemerintah Provinsi (Jawa Barat) kepada kaum lanjut usia. Sekaligus wujud rasa sayang Gubernur kepada para orangtua dan sesepuh yang sudah berjasa membangun Jawa Barat ini,” ujarnya di.

 

Lebih lanjut Heryawan menandaskan, wujud perhatian Pemerintah tidak hanya di LLI tingkat Provinsi, namun juga di tingkat Kabupaten/Kota, dengan memberikan bantuan kepada 26 LLI di kabupaten dan kota se-Jawa Barat senilai masing-masing Rp 50 juta. Bantuan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kemampuan, peran dan kesejahterahan para lansia. Ke depan bentuk perhatian Pemerintah kepada kaum lansia terus meningkat.

 

“Kita menyadari, tentu masih banyak kebutuhan para lansia yang harus diperhatikan. Untuk itu sejumlah program dan kebijakan, baik yang langsung terkait maupun bentuk dukungan sudah dijalankan. Diharapkan semua itu mampu meningkatkan kualitas hidup para lansia di Jawa Barat,” tuturnya.

 

Sementara itu, Ketua Umum LLI Jabar HR Nuriana menandaskan pihaknya menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas bantuan Gubernur Jawa Barat selama ini. Sehingga kiprah LLI dapat berjalan hingga saat ini dan menghasilkan sejumlah kegiatan yang diharapkan membantu para lanjut usia. Apalagi LLI akan terus berkiprah guna meningkatkan peran aktif para lansia dalam bentuk kegiatan terkait peningkatan taraf perekonomian dan kesehatan.

 

“Kita tidak ingin para lansia menjadi beban pembangunan ataupun sebagai penyebab peningkatan orang miskin. Kita akan berusaha agar para lansia menjadi bagian yang positif dalam pembangunan di Jawa Barat. Mereka harus hidup sehat dan sejahtera di sisa penggal usia yang semakin lanjut ini,” harapnya.(HUMAS PEMPROV JABAR/NJP)

Berita Terkait