Dzumafo Hattrick, Persib Libas MU 5-1

  • Whatsapp
Bomber Persib Dzumafo Herman Epandi sukses menyarangkan tiga gol ke gawang Makassar United. (PERSIBHOLIC.COM)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

 

Persib Bandung mulai menunjukkan taringnya pada hari pertama Celebes Championship II di Stadion Siliwangi, Sabtu (3/11) malam. Pangeran Biru sukses menggebuk Makassar United (MU) 5-1. Lewat gol yang diciptakan Dzumafo Herman Epandi (3), Atep, dan M Ridwan, gol balasan MU dicetak oleh Edgar melalui titik penalti.

 

Dalam pertandingan yang disaksikan ribuan boboth tersebut, Persib mengambil inisiatif serangan sejak babak pertama. Menggunakan pola 4-2-3-1, skuad Maung Bandung langsung menekan MU, terbukti pada menit ke-2 Persib memiliki peluang, meski terbentur tiang gawang. Serangan Persib sendiri banyak dilakukan oleh tiga pemain timnas yang juga eks Sriwijaya FC Palembang, Firman Utina, Supardi, dan M Ridwan. Firman sendiri dengan umpan-umpannya banyak membuat peluang.

 

Serangan Persib menemukan hasilnya pada menit 38 ketika bek sayap Persib, Tony Sucipto, dijatuhkan bek MU, Achmad Hisyam di kotak penalti. Tak ayal, wasit Olehadi menunjuk titik putih. Sebagai eksekutor, Dzumafo tidak menyiakan kesempatan.

 

Orang yang sama kembali menjadi petaka bagi MU, Achmad Hisyam kembali melakukan perbuatan terlarang di kotak 16, kali ini Supardi menjadi korbannya. Wasit sendiri memberikan kartu kuning, yang berarti kartu merah bagi pemain bernomor 23 itu. Kembali Dzumafo maju sebagai penembak dan berhasil. Usai gol itu, wasit meniup peluit, mengakhiri babak pertama.

 

Babak kedua, kedua tim bermain agak lambat, unggul 2-0 membuat Persib sedikit menurunkan tempo. Meski begitu, serangan Persib dari sisi kanan tidak kendor, beberapa kali Supardi dan Ridwan dengan sprintnya menggagalkan jebakan offside MU. Walaupun 10 orang, tidak membuat MU melemah, bahkan berapa kali mereka merepotkan pertahanan Persib. Alur yang lamban sempat membuat bobotoh meradang karena menginginkan Persib mencetak gol lebih banyak.

 

Hal itu terjawab, setelah pada menit 79 penetrasi Dzumafo ke kotak penalti MU menghasilkan gol melalui sontekan kapten Persib, Atep. MU tidak tinggal diam, pada menit 81 striker MU, Rodrigo Santana, melakukan penetrasi dan dilanggar kiper baru Persib, I Made Wirawan. Selain penalti, Made juga dikartu kuning. Edgar, selaku eksekutor, sukses melaksanakan tugasnya dan mengecilkan kekalahan.

 

Di akhir pertandingan, Maung Bandung kembali memperlebar skor, melalui bek sayap M Ridwan yang lolos offside. Berhadapan satu lawan satu dengan kiper, dirinya mencungkil bola ke atas kiper A M Guntur. Dzumafo melengkapi hattrick-nya setelah mencetak gol di menit akhir pertandingan, setelah lolos offside dan mengecoh kiper, kemudian menyontek bola ke gawang yang telah kosong. Usai gol tersebut, wasit langsung mengakhiri pertandingan.

 

Dengan kemenangan ini, Persib akan menantang Sriwijaya FC di final, Minggu (4/11), yang mengalahkan Barito Putra 2-0, di pertandingan pertama. Hasil ini disambut gembira oleh ribuan bobotoh yang hadir di stadion, terbukti dengan dinyalakan flame berwarna merah oleh mereka. (AVILA DWIPUTRA)

Berita Terkait