Pemkab Bandung Bantu Korban Bencana Angin Puting Beliung

  • Whatsapp
pikiran-rakyat.com

JABARTODAY.COM – SOREANG

Pemerintah Kabupaten Bandung memberikan bantuan logistik pangan, berupa bahan makanan dan peralatan rumah tangga kepada para korban bencana angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Soreang dan Arjasari, Kabupaten Bandung.

Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Wakil Bupati Bandung, H.Deden Rukman Rumaji, S.Sos kepada salah satu korban Wawan (50), di Kp.Sindangwargi Desa Sukanagara Kecamatan Soreang.

“Untuk sementara kami baru bisa memberikan bantuan berupa logistik pangan, sedangkan untuk perbaikan rumah dan bangunan akan dilakukan proses pendataan dan inventarisir terlebih dahulu oleh dinas terkai”, ucap Deden Rumaji. Tampak hadir dalam penyerahan tersebut, Kepala Dinas Sosial Kab.Bandung, Dra.Hj.Nina Setiana, M.Si, Plt.Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Bandung, Drs.Ayi Koswara serta Camat Soreang, Ahmad Kosasih.

Deden mengatakan, terjadinya angin puting beliung merupakan hal yang yang tidak bisa diduga. Berbeda dengan banjir, pemerintah dan masyarakat bisa melakukan upaya-upaya pencegahan melalui  penataan dan pemeliharaan lingkungan, sehingga bisa meminimalisir datangnya banjir. “Saya harap para korban bisa sabar dan tawakkal atas musibah ini..”, tutur Deden.

Sementara menurut Sekretaris Desa Sukanagara, Agus, angin puting beliung yang terjadi pada Jum’at siang  (20/01), sekitar pukul 13.00 WIB tersebut menerpa 2 (dua) lokasi yaitu Kp.Sindangwargi dan Kp.Cipeuteuy. Akibat bencana tersebut, sedikitnya 58 rumah rusak, “ Dua diantaranya mengalami rusak berat”, jelas Agus.

Sedangkan angin puting beliung yang menerpa Kec.Arjasari, terjadi pada Senin malam (23/01), sekitar pukul 22.30 WIB yang menyebabkan tumbangnya pohon beringin menimpa beberapa rumah warga Kp.Cicarirang RT.03/06, Desa Wargaluyu. 4 (empat) rumah diantaranya rusak berat, yakni milik Yama (30), Aceng (65) serta Ano (50), namun dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. (fzf)

 

Berita Terkait