Pilgub Jabar 2013: Calon Independen Terbuka Lebar

  • Whatsapp
Ferry Kurnia Rizkiyansyah (achyar)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Sebagai amanat konstitusi, peluang calon independen/non partai untuk ikut dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jabar periode 2013-2018 terbuka luas

“Calon independen merupakan amanat konstitusi. Kami (KPU Jabar, red) akan menjaring setidak-tidaknya tiga pasangan calon independen dan lima pasangan calon dari parpol,” ungkap Ferry di acara Sindo Hot Topic Radio Sindo FM, Jumat (27/1).

Saat ini, ujar Ferry, baru ada satu pasangan calon yang mengirim surat kepada KPU Jabar sebagai pemberitahuan awal rencana keikutsertaannya dalam Pilgub Jabar dari jalur independen.

Ferry menjelaskan pihaknya akan berusaha menghadirkan demokrasi yang lebih substantif  di samping  mempersiapkan tahapan-tahapan prosedural pilgub.

“Yakni, bagaimana rakyat sebagai pemilih dan sebagai pemegang kedaulatan bisa menentukan sendiri calon pemimpinnya yang benar-benar memihak kepentingan rakyat,” ujarnya.

Ia berharap, jika nanti ada permasalahan atau sengketa pemilu sebaiknya dimuarakan secara hukum di Mahkamah Konstitusi.

“Demokrasi di Jabar harus dibangun secara elegan dan mengikuti koridor hukum yang ada. Sehingga peristiwa kerusuhan pasca pilkada yang terjadi di sejumlah daerah bisa dihindari,” tuturnya. (fzf)

Berita Terkait