Home » Ekonomi » Heryawan Dorong Peternak Domba Berkembang Lebih Baik

Heryawan Dorong Peternak Domba Berkembang Lebih Baik

beritapks.com

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menerima jajaran Pengurus Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) Jawa Barat di Gedung Negara Pakuan, Jalan Otista No.1 Kota Bandung, baru-baru ini. Dalam kesempatan itu, Ketua HPDKI Jawa Barat Yudi Guntara Noor menyampaikan keinginan agar ada lokasi bagi kegiatan kontes domba tingkat Jawa Barat. Menurutnya dengan kegiatan kontes domba diharapkan semakin mendongkrak usaha domba, khususnya domba Garut di Jawa Barat. Bak gayung bersambut, Gubernurpun mendukung maksud HPDKI itu. Bahkan Gubernur menginginkan agar Domba Garut menjadi Domba Jawa Barat.

Lebih lanjut Yudi menjelaskan, saat ini ada 4 kawasan di Jawa Barat yang dinilai masih murni dalam pengembangan domba Garut, yakni; Sumedang, Bandung, Garut dan Kota Bandung. Menurut Yudi kualitas domba Garut sudah diakui sebagai plasma nutfah terbaik di dunia. Sehingga pengembangannya harus dilakukan secara integral, mulai dari pemilihan pejantan, induk, hingga pada saat kontes. “Harga pejantan domba Garut dengan kualitas kontes, dapat mencapai Rp 75 juta,” ujarnya. Mendengar penjelasan itu, Gubernur menyatakan niatnya untuk mendukung upaya pengembangan usaha domba Garut. Bahkan Heryawan berjanji akan menyebarkan anakan domba Garut sebanyak mungkin.

Saat ini, menurut Yudi, jumlah peternak domba di Jawa Barat mencapai 800.000 orang dengan jumlah domba mencapai 5,6 juta ekor. Untuk itu kedepan, HPDKI mengharapkan dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat membantu dalam penyediaan bibit yang berkualitas. Menanggapi hal itu, Heryawan setuju agar ada program terobosan bagi penyediaan anakan domba yang berkualitas. Sehingga para peternak mendapatkan domba dengan kualitas baik. “Saya inginkan agar domba Garut menjadi domba Jawa Barat. Selain kualitasnya yang diakui dunia, juga harga jualnya yang selangit. Sehingga diharapkan mampu mendongkrak taraf hidup peternak,” ujar Heryawan.

“Domba Garut merupakan plasma nutfah terbaik di dunia. Domba yang tergolong Ruminansia kecil menjadi paling diminati warga dunia. Tentu kita wajib melestarikannya, agar domba Garut original tidak sampai punah,” terangnya. Untuk maksud itu, rencananya Pemprov Jabar akan menggandeng HPDKI yang dianggap paling paham terhadap persoalan tersebut. Heryawan menjelaskan, sedikitnya ada tiga jenis domba yang dapat diurutkan berdasarkan kualitas ekonomis, yakni domba ketangkasan, domba kurban dan domba pedaging. (alif/fzf)