Objek Wisata Alam Ciletuh Sukabumi Jabar Selevel dengan Geopark Dunia

Geopark Ciletuh terletak di Kabupaten Sukabumi. Keindahan alam di Geopark Ciletuh sudah mendunia. UNESCO telah mengakui keindahan alam di sana tahun 2015.

Curug Cimarinjing, salah satu sudut Geopark Ciletuh Sukabumi.
(jabartoday.com/net)

JABARTODAY.COM, SUKABUMI — Keindahan objek wisata alam Geopark Ciletuh di kawasan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sudah mendapatkan pengakuan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sejak 2015.

Geopark Ciletuh kini menyandang UNESCO Global Geopark (UGG), seperti halnya UGG lain di tanah air, yaitu Gunung Rinjani (Lombok), Gunung Batur (Bali), dan Gunung Sewu (Jateng).

UGG Ciletuh Sukabumi sejajar dengan beberapa geopark dunia lainnya, yang juga berpredikat UGG, antara lain Geopark Dunhuang dan Zhijindong Cave (Cina), Troodos (Siprus), Sitia (Yunani), Reykjanes (Islandia), Pollino (Italia), Mount Apoi (Jepang), serta Lanzarote & Chinijo Islands (Spanyol).

Dikenal juga dengan nama Taman Bumi Ciletuh Palabuhanratu, konsep manajemen pengelolaan kawasan di tempat wisata alam ini menyerasikan keragaman geologi, hayati, dan budaya, melalui prinsip konservasi, edukasi, dan pembangunan yang berkelanjutan.

Baca Juga

10 Objek Wisata Geopark Ciletuh Sukabumi

Geopark Ciletuh terletak di Kabupaten Sukabumi. Berikut ini tempat wisata yang ada di kawasan Geopark Ciletuh.

1. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng berwarna putih dan garis pantai yang panjang. Ombak pantai juga cukup eksotik. Pengunjung bisa berenang, berjemur, atau menikmati sunset dengan pemandangan yang masih asri. Tempat ini juga kerap dijadikan foto prewedding.

2. Bukit Teletubbies

Lokasinya berada di wilayah Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap.  Lokasi ini menawarkan embusan angin sejuk khas pedesaan dan sinar matahari yang hangat.

3. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja merupakan tempat yang pas didatangi untuk belajar surfing. Ombak yang ideal untuk berselancar dan garis pantai yang panjang, membuat beraktivitas di sini menyenangkan.

4. Curug Puncak Manik

Curug Puncak Manik merupakan salah satu kekayaan alam yang dimiliki Geopark Ciletuh. Pesonanya sangat indah. Mulai dari tebing batu yang dibalut tumbuhan hijau menambah eksotisme curug dengan debit air yang luar biasa deras tersebut.

Pemandangan alam di sini juga tidak kalah memesona, mulai dari sawah, aliran sungai, hingga pelangi yang bermuara di air terjun ini.

5. Pantai Palangpang

Pantai Palangpang merupakan pintu masuk ke Geopark Ciletuh dari arah laut. Pantainya cukup luas dan panjang, sehingga bisa bermain dan bersantai. Pantai ini juga dipergunakan tempat mendarat bagi kegiatan paralayang.

6. Puncak Darma

Puncak Darma menjadi lokasi paling pas untuk bisa menyaksikan keindahan pantai, hutan, dan air terjun di Geopark Ciletuh. Kamu bisa menikmati sunrise dari Puncak Darma. Perpaduan sawah dan hutan yang menghijau, aliran sungai, dan birunya laut, bakal membius kamu.

7. Puncak Tugu

Puncak Tugu berada di Dusun Cicukang, Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas. Tempat wisata di Geopark Ciletuh ini menawarkan pemandangan sejumlah curug hingga tebing dan hutan nan eksotik. Lokasinya mudah dijangkau dan panorama alam yang indah dan romantis.

8. Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan merupakan spot menikmati lanskap di Geopark Ciletuh. Apalagi ada spot selfie yang cukup ngehits dengan background alam yang istimewa.

9. Puncak Gebang

Puncak Gebang yakni spot asyik untuk menikmati lanskap di Geopark Ciletuh. Puncak Gebang sendiri dibangun secara swadaya oleh masyarakat lokal. Tempat ini memaksimalkan potensi alam dan pemandangan yang luar biasa.

10. Air Terjun Cimarinjung

Kealamiahan Air Terjun Cimarinjung tetap terjaga dengan panorama alam yang indah sebagai daya tarik di sekitarnya. (win/mel/dtc)

 

Related posts