Nyalon Walkot Lewat PDIP Cukup Rp 1 Juta

  • Whatsapp
Plt Ketua PDIP Jabar Tb Hasanudin.

JABARTODAY.COM – BANDUNG

 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terbuka bagi siapa saja yang mau mencalonkan diri sebagai Wali Kota Bandung periode 2013-2018. Hal itu ditegaskan Plt Ketua DPD PDIP Jawa Barat Tb Hasanuddin yang menyebutkan pihaknya membuka seluas-luasnya kesempatan menjadi pemimpin daerah melalui partai.

 

“Ini kan partai rakyat, silakan siapa saja yang tertarik mencalonkan sebagai wali kota, mau itu artis, seniman, bahkan wartawan. Tidak dipungut biaya alias gratis,” ujar Hasanuddin dalam jumpa pers di kantor DPD PDIP Jabar, Jumat (4/1).

 

Meskipun tidak dipungut biaya, Wakil Ketua Komisi I DPR RI itu mengatakan ada biaya sebesar 1 juta rupiah bagi bakal calon walikota. Biaya tersebut, 600 ribu rupiah untuk biaya psikotes, sedangkan sisanya untuk snack, formulir dan tetek bengek lainnya. “Kita kasih sebebas-bebasnya bagi masyarakat yang ingin menjadi pemimpin. Tidak ada biaya lagi, hanya itu saja,” sampainya.

 

Dirinya juga menambahkan, nantinya para bakal calon akan disaring lagi melalui internal partai bermoncong putih tersebut. Pihaknya akan melihat siapa figur populer di Kota Bandung melalui survey internal. Meski begitu, walaupun populer bila sang bakal calon tidak bisa apa-apa, belum tentu menjadi pilihan. Begitupun sebaliknya, bila tidak populer tapi memiliki kemampuan akan dilihat kembali. “Maka itu, kita tetap akan ada fit and proper test (uji kepatunan dan kelayakan),” ungkapnya.

 

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung telah mengeluarkan tahapan Pemilihan Wali Kota Bandung 2013. Pendaftaran dari calon perseorangan akan dibuka pada 27 Januari, sedangkan partai 6 Maret. Dan pemilihan diagendakan pada 23 Juli. (AVILA DWIPUTRA)

Related posts