Netty Heryawan Pimpin Aksi Bersihkan Gasibu

  • Whatsapp
Netty Heryawan terjun langsung membersihkan sampah di Gasibu. (HUMAS PEMPROV JABAR)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

 

Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat Netty Heryawan menggalakan kembali kerja bakti dalam pelestarian keindahan dan kebersihan lingkungan dengan mengambil tempat di Lapangan Gasibu Bandung, Minggu (30/12) sore. Dikatakannya, ini adalah salah satu bentuk kepedulian dan inisiatif akan tindakan nyata dalam menjaga lingkungan. “Saya berharap dari gerakan yang kecil tapi berkesinambungan ini bisa melahirkan sebuah kebiasaan dan budaya akan pelestarian kebersihan,” ungkapnya pada wartawan.

 

Gerakan ini, diakui Netty, terinspirasi dari sebuah gerakan yang dilakukan setiap akhir pekan di lingkungan perumahannya dulu. “Dulu di daerah rumah saya, padahal lingkungan pensiunan, ibu-ibu di sana setiap akhir pekan selalu kerja bakti dan melakukan operasi semut. Awalnya ditanggapi biasa saja oleh warga, tapi lama-lama warga sekitar jadi bergabung dan segan untuk mengotori lingkungan,” paparnya.

 

Pengalaman inilah yang akhirnya menggerakkan dirinya bersama para pejabat di lingkungan Pemprov Jabar untuk menginisiasi gerakan kerja bakti. “Dipilih hari minggu sore, karena keprihatinan kita semua akan kondisi Gasibu yang kotor dan kumuh pascapasar kaget pada pagi-siang harinya,” ujar Netty.

 

Netty berharap dengan adanya gerakan ini, masyarakat – khususnya pengguna Gasibu semakin tergerak untuk menjaga kelestarian kebersihan lingkungannya. “Ke depannya, kita akan merancang dan menyusun strategi bagaimana pengadaan tempat sampah yang terpilah bersama BPLHD dan PD Kebersihan, agar tidak ada alasan lagi masyarakat buang sampah sembarangan,” tambahnya.

 

Hadir dan turut serta dalam kerja bakti ini  Plt Sekretaris Daerah Jawa Barat Pery Soeparman dan para pejabat eselon II Pemprov Jabar beserta staf seperti Kepala Dinas Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jabar, Dinas Kesehatan Prov Jabar, Dinas Permukiman dan Perumahan Prov Jabar, Dinas Pariwisata dan Budaya Prov Jabar, Dinas Olahraga dan Pemuda Prov Jabar, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Prov Jabar, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Jabar, Kepala Biro Humas, Protokol dan Umum Setda Jabar, Kepala Biro Pengembangan Sosial, dan sebagainya.(HUMAS PEMPROV JABAR/NJP)

 

Related posts