Netty: Ayo Makan Ikan!

  • Whatsapp
(FOTO: bijakkata.wordpress.com)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Netty Prasetiyani Heryawan menegaskan kandungan gizi pada ikan sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain memberikan asupan nutrisi yang cukup pada tubuh, dipercaya juga untuk meningkatkan kemampuan dan kecerdasan otak. Untuk itu, Netty mengajak masyarakat untuk membiasakan mengkonsumsi ikan. Apalagi potensi sumberdaya alam hayati berupa ikan di perairan Jawa Barat cukup melimpah. Dimana 20 persen potensi Nasional ada di Jawa Barat.

“Sumberdaya alam hayati berupa ikan di Jawa Barat mencapai 20% kekayaan laut Nasional. Sayangnya potensi ini belum secara optimal dimanfaatkan. Protein dan vitamin ikan berguna untuk kekebalan dan daya tahan tubuh. Kandungan gizi pada ikan juga dipercaya dan telah terbukti akan meningkatkan kecerdasan,” papar Netty di hadapan para ratusan siswa Sekolah Dasar Negeri Cijerokaso Kota Bandung dalam acara Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Anak Sekolah, Jumat (13/4).

Menurut Netty, sudah saatnya anak-anak usia emas seperti tingkat sekolah dasar hingga sekolah tingkat menengah membiasakan diri mengkonsumsi ikan. Selain meningkatkan asupan gizi dan menyehatkan, program ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2009 mengenai Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal. Sehingga ke depan dapat mendorong terwujudnya penyediaan aneka ragam pangan dan peningkatan konsumsi pangan berbasis potensi sumberdaya lokal.

Dalam kesempatan itu Netty menyempatkan dialog dan bercengkerama. Selain berbagi cerita tentang ilmu pengetahuan baru, juga membagikan hadiah, dan bernyayi bersama “Nenek Moyangku Seorang Pelaut”. Kepada siswa yang hadir juga para guru, Netty berpesan untuk mengkonsumsi ikan. “ Ibu titip pesan, nanti kalau sudah sampai di rumah bilang sama mamah ya. Aku mau dimasakin ikan yaa setiap hari,” tuturnya. Sambil juga mengajarkan yel-yel, “Ikan sehat menyehatkan!..Makan ikan: aku banget!” Turut hadir, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Related posts