Menpora Usulkan Stadion Gedebage Jadi Stadion Soeratin

  • Whatsapp
Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Roy Suryo mengusulkan nama stadion yang saat ini masih taraf pembangunan di Gedebage diberikan nama Stadion Soeratin. Hal itu untuk mengingatkan kepada Pemerintah Kota Bandung agar senantiasa memuliakan jasa dari Soeratin Sosrosoegondo.

“Mumpung belum ada nama, saya usulkan Soeratin jadi nama stadion itu,” kata Roy yang ditemui usai ziarah ke makam pendiri PSSI, Soeratin, di TPU Sirnaraga, Selasa (12/3).

Penamaan itu pun bukan tanpa alasan. Pasalnya, lanjut Roy, pemerintah tidak boleh abai pada jasa para pendahulunya. Sehingga penamaan Stadion Soeratin pun dianggap sangat layak. Apalagi mengingat jasa Soeratin dalam kancah sepakbola Indonesia sangatlah besar. “Saya akan sampaikan ide ini kepada otoritas yang ada,” singkatnya.

Roy yang didampingi istri beserta sejumlah staff dari Kemenpora pun mengatakan, kunjungan dan kegiatan ziarah yang ia lakukan atas nama negara, untuk mendoakan pahlawan sepakbola nasional tersebut. Kunjungan ini sekaligus memberi spirit bagi dunia sepakbola Indonesia yang akan menghadapi KLB (Kongres Luar Biasa) PSSI yang akan digelar 17 Maret nanti, di Jakarta.

“Semoga almarhum pak Soeratin diberi tempat yang baik di sisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan memberi semangat untuk sukses PSSI,” ucap Roy.

Roy menyebut sudah selayaknya negara memberi penghargaan atas jasa besar yang diberikan oleh para pahlawan dalam bidang apapun, termasuk bidang olahraga. “Alhamdulillah, kami selalu diterima dengan baik oleh keluarga seperti yang kami dapatkan hari ini di sini,” ujar Roy.

Disinggung sebagai Menpora pertama yang berziarah dan mengapresiasi jasa Soeratin, Roy yang ditemani cucu-cucu dan keluarga besar dari Soeratin menuturkan dirinya hanya melakukan apa yang seharusnya ia lakukan. Menurutnya, siapapun menporanya, mungkin hanya karena masalah waktu saja. “Jadi yang saya lakukan memang sudah seharusnya,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Retno Wulan, cucu dari mendiang Soeratin , berterimakasih atas perhatian dari Menpora. Mengingat jasa yang besar telah ditorehkan oleh Soeratin dalam kancah sepakbola nasional. “Kami haturkan terimakasih atas perhatian yang diberikan,” imbuh Retno mewakili keluarga besarnya.

Adapun mengenai usul Roy Suryo yang mengagas penamaan Stadion Gedebage menjadi Stadion Soeratin, Retno mengaku bangga dan tak pernah membayangkan sebelumnya. “Kalau sampai direalisasikan, tentunya kami sangat senang,” pungkasnya. (VIL)

Related posts