Menengok Aktifitas Ramadhan di Cileungsir Ciamis

Peringatan Nuzulul Quran yang digelar oleh Panitia Kegiatan Ramadhan 1433 H Ikatan Generasi Muda Cileungsir (IGMC), Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis (JABARTODAY.COM/DEDE SUHERLAN)

JABARTODAY.COM – CIAMIS

GEBYAR Ramadhan di pelosok kampung yang nun jauh dari ingar-bingar ibu kota provinsi Jawa Barat, Bandung, terasa sangat berbeda. Bila di Kota Kembang, kemeriahan kegiatan Ramadhan memang sangat didukung oleh fasilitas dan dana yang mumpuni, namun Ramadhan di sebuah kampung yang berlokasi sekitar 20 kilometer dari Ciamis, tepatnya di Dusun Cileungsir, Desa Cileungsir, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, terasa memiliki kesan  yang lebih mendalam. Berbekal tekad untuk mengisi Ramadhan dengan kegiatan positif, beragam kegiatan digelar pada Ramadhan tahun ini.

Tengok saja, pada Rabu (15/8) malam, belasan pemuda dan pemudi terlihat sangat antusias mengikuti taraweh keliling (tarling) di sebuah masjid yang berlokasi di RT 01 Dusun Cileungsir. Mereka terlihat sangat khusuk mengikuti salat tarawih.

Tak hanya itu, selepas salat tarawih, para pemuda dan orang tua tak langsung meninggalkan masjid. Di masjid yang sama, kegiatan berlanjut dengan itikaf. Tentu saja, saat beritikaf bukan diisi dengan ngobrol-ngobrol dan bersenda gurau. Lantunan ayat suci Al Quran yang dibacakan oleh jamaah yang tengah beritikaf terdengar sangat sejuk, sesejuk suasana malam itu. Lalu, menjelang dan selepas tengah malam, satu persatu jamaah berdiri untuk melaksanakan salat. Ada yang melakukan salat hajat, salat taubat, dan ada juga yang bersolat tahajud.

Menurut Ketua Panitia Kegiatan Gebyar Ramadhan 1433 H Ikatan Generasi Muda Cileungsir (IGMC), Irwan Setiawan, keinginannya untuk menggelar beragam kegiatan pada Ramadhan tahun ini, didorong oleh keinginan untuk memperoleh sesuatu yang bermakna pada bulan yang penuh barokah ini.

“Untuk melakukan sesuatu yang bermakna dalam menjalankan kehidupan beragama, tak perlu didukung oleh fasilitas dan dana yang berlebih. Itu hanya pendukung yang sekunder saja. Jika kita memiliki niatan untuk menjalankan agama dengan baik, fasilitas seperti masjid misalnya, tersedia di setiap RT yang ada di Dusun Cileungsir,” kata Irwan, Kamis (16/8).

Dikatakan Irwan, selain menggelar tarling ke tujuh RT yang ada di Dusun Cileungsir, beberapa kegiatan lain juga diselenggarakan oleh panitia. Kegiatan itu yakni Lomba Cerdas Cermat, Lomba Adzan, Lomba Kaligrafi, Lomba Baca Al Quran, dan Lomba Hapalan Al Quran. Selain itu Peringatan Nuzulul Quran, Pawai Obor, Buka Bersama Keluarga Besar IGMC, Takbir Keliling, dan Malam Halal Bihalal.

“Untuk lebih merekatkan silaturahmi di antara warga, panitia juga melangsungkan pertandingan sepak bola persahabatan antara Urang Cileungsir yang tinggal di kampung halaman dengan Urang Cileungsir yang merantau. Pertandingan digelar pada 2 Syawal,” kata Irwan.

Salah seorang panitia, Saepul Nugraha, menuturkan, Kegiatan Ramadhan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun.

“Kami menginginkan agar para pemuda dan pemudi bisa mengikuti kegiatan yang bermanfaat untuk pertumbuhan kepribadian mereka,” ujar Saepul.

Sedangkan Ketua IGMC, Aris Arya Tirtawijaya, mengungkapkan, kebersamaan di antara pemuda dan pemudi menjadi kunci suksesnya kegiatan yang dilaksanakan oleh IGMC.

“Panitia hanya memasilitasi saja. Yang lebih penting adalah partisipasi dari pemuda. Alhamdulillah, kesadaran dari pemuda untuk mengisi Ramadhan dengan kegitan positif terlihat sangat tinggi,” kata Aris. (DEDE SUHERLAN)

Related posts