Mekanisme Jalur Perseorangan Calon Walikota Bandung Mulai Disosialisasikan

  • Whatsapp
Ketua KPU Kota Bandung Apipudin (JABARTODAY.COM)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung memberikan sosialisasi serta mekanisme pencalonan dari jalur perseorangan. KPU Kota Bandung melansir, untuk penyerahan dukungan calon perseorangan dimulai dari 10 hingga 14 Februari 2013.

“Kegiatan ini diadakan terkait dengan agenda penyerahan dukungan bagi calon dari perseorangan, yaitu pada tanggal 10 sampai 14 Februari mendatang. Sebelum tahapan pun kami berinisiatif untuk dapat menjelaskan mekanisme, tata cara penyerahan serta pedoman teknis lainnya, kepada warga yang berminat,” ujar Ketua KPU Kota Bandung, Apipudin, dalam jumpa pers di kantor KPU Kota Bandung, Rabu (6/2).

Menurut Apipudin, sosialisasi tentang pencalonan dan ajakan komunikasi untuk menjelaskan mekanisme telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Salah satunya, calon harus memiliki dukungan minimal sebanyak 80.678 orang alias tiga persen dari jumlah penduduk Kota Bandung.

“Berdasarkan DAK2 (Data Agregat Kependudukan Kecamatan) jumlah penduduk Kota Bandung sebanyak 2. 689.267,” terangnya.

Dalam sosialisasi tersebut, sejumlah pasangan bakal calon dari jalur perseorangan hadir, diantaranya Wawan Dewanta-Muhammad Sayogo, Ema Kertabudi-Khaidir, Bambang Setiadi-Alex Tahsin Ibrahim, serta Wahyudin Karnadinata-Toni Apriliani.

Senada dengan Apipudin, Ketua kelompok Kerja Pencalonan KPU Kota Bandung, Evie Ariadne Shinta Dewi, menuturkan, dengan adanya sosialiasi tersebut pihaknya dapat menilai antusias warga yang mencalonkan diri dari jalur perseorangan.

“Setidaknya kita dapat menilai dan mendata berapa banyak warga yang siap serta berkeinginan maju dalam Pilwalkot mendatang, dan diharapkan agenda pilwaklot berjalan lancar,” tandas Evi. (AVILA DWIPUTRA)

Related posts