Home Β» Nasional Β» Massa Aksi Selamatkan Pancasila Minta Aparat Tangkap Inisiator RUU HIP

Massa Aksi Selamatkan Pancasila Minta Aparat Tangkap Inisiator RUU HIP

Demo Tolak RUU HIP

JABARTODAY.COM, JAKARTA — Sejumlah massa ormas Islam yang tergabung dalam Aliansi Nasional Anti-Komunis (Anak NKRI) menggelar aksi demonstrasi di Depan Gedung DPR/MPR Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Mereka menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang dinilai mendegradasi Pancasila dan mengakomodasi komunisme.

Sejumlah video dan foto jalannya aksi bertajuk “Aksi Selamatkan NKRI & Pancasila dari Komunisme” ini dibagikan sejumlah pengunjuk rasa di media sosial Twitter denan tagar #Tangkap_PengusungRUUHIP yang menjadi trending topic sejak kemarin.

Salah seorang orator meminta aparat keamanan menangkap insiator RUU HIP. Orator yang biasa dipanggil Mayor Soleh itu menilai, wacana dalam RUU HIP secara tidak langsung merupakan tindakan makar.

“Tangkap inisiator RUU HIP. Tangkap. Tangkap. Mereka yang akan membuat kita sengsara. Tangkap inisiator dan pembuat RUU HIP. Setuju? Setuju? Merdeka,” teriaknya.

Aksi menolak RUU HIP dihadiri ratusan orang aksi dari sejumlah ormas Islam yang tergabung dalam Aliansi Nasional Anti-Komunis (Anak NKRI).

Ormas yang tercatat masuk dalam aliansi tersebut antara lain Front Pembela Islam (FPI), Persaudaraan Alumni 212 (PA 212), dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama.

Dalam aksinya, mereka menolak konsep Trisila dan Ekasila dalam RUU HIP.

RUU HIP diinisasi oleh Badan Legislasi DPR. Sejumlah pihak mengkritik poin-poin dalam draf RUU HIP yang dianggap justru mendegradasi Pancasila.

Penolakan utamanya datang dari ormas Islam. Front Pembela Islam menyebut RUU HIP indikasi kebangkitan komunisme.

Aksi juga berlangsung di depan Gedung Sate, Kota Bandung.

 

Baca Juga:  RUU HIP Memancing untuk Kembali ke Piagam Jakarta