Saturday , 18 January 2020
Home » Lifestyle » Luncurkan R15, Yamaha Kuatkan Pasar Sport di Jabar

Luncurkan R15, Yamaha Kuatkan Pasar Sport di Jabar

Dua model berpose di depan varian baru Yamaha, YZR-R15. Pabrikan asal Jepang ini resmi meluncurkan YZR-R15 di Bandung, Sabtu (24/5). (JABARTODAY/AVILA DWIPUTRA)
Dua model berpose di depan varian baru Yamaha, YZR-R15. Pabrikan asal Jepang ini resmi meluncurkan YZR-R15 di Bandung, Sabtu (24/5). (JABARTODAY/AVILA DWIPUTRA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Penantian publik atas munculnya motor sport fairing terjawab sudah usai diluncurkannya Yamaha YZF-R15 pada 2014 ini. R15 merupakan R-series family termuda. Sebagai bagian keluarga tersebut bersama R25, R6, dan R1, R15 pun memiliki R-DNA yang meliputi 5 hal penting, yakni mass forward, sharp & high tail, dual furious headlight, aerodynamic body, dan muscular look.

“Pecinta Yamaha sudah menunggu sejak 2008 (tahun awal munculnya R15 versi 1.0). Namun kita baru bisa wujudkan sekarang, karena versi 2.0 diproduksi total di Indonesia,” ujar Chief Yamaha Distribution Distric System II Bandung, Johannes BMS, di sela launching Yamaha R15, Sabtu (24/5/2014) petang.

Menurut Johannes, mempersiapkan motor tersebut memerlukan waktu 2 tahun. Dan sebagai pemanasan, pihaknya sudah memasarkan 1500 unit melalui inden online yang terjual habis dalam waktu sehari. Ini, kata Johannes, pertanda positif bahwa R15 akan memperkuat penjualan Yamaha, khususnya di segmen sport.

Di Jawa Barat, market share Yamaha di segmen sport sebesar 35% dan itu baru dari Yamaha V-Ixion. Pihaknya, sambung Johannes, yakin angkanya akan bertambah dengan hadirnya R15. “Dengan 35 persen itu sudah memegang pasar di Jabar. Semoga R15 tidak memakan pasar V-Ixion,” tukasnya.

Untuk R15 ini, Yamaha mencanangkan target sebesar 1500 unit tiap bulannya di Jabar atau sekitar 90 ribu unit hingga akhir tahun nanti. Target konsumen adalah pria usia 17-25 tahun dengan tingkat ekonomi menengah. “Dari segi harga kita berani bersaing, apalagi konsumen sudah tidak melihat harganya,” tandas Johannes.

R15 sendiri dibanderol dengan harga Rp 28 juta (on the road) dengan 3 varian warna, yakni Racing Blue, Supernova Red, dan Midnight Black.

Launching Yamaha YZR-R15 dilakukan di 2 tempat, yaitu Bandung Indah Plaza dan Lapangan Kodam III/Siliwangi. Acara sendiri dimeriahkan dengan band-band lokal Bandung dan bintang tamu, Souljah. (VIL)