Tuesday , 25 February 2020
Home » Politik » Kalah di Jabar, Jokowi Enggan Komentar

Kalah di Jabar, Jokowi Enggan Komentar

Calon presiden Joko Widodo memantau pengumpulan formulir C-1 di Jawa Barat, Sabtu (12/7). (JABARTODAY/AVILA DWIPUTRA)
Calon presiden Joko Widodo memantau pengumpulan formulir C-1 di Jawa Barat, Sabtu (12/7). (JABARTODAY/AVILA DWIPUTRA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Calon presiden Joko Widodo mengunjungi Bandung dalam rangka memastikan formulir C-1 sudah dipegang oleh pihaknya. Sabtu (11/7/2014), Jokowi mendatangi Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Barat, dan melihat apakah formulir C-1 sudah berada di pihaknya.

“Ternyata sudah semua dipegang dan tinggal di-input dalam waktu 1-2 hari ini. Semuanya sesuai dengan C-1nya sebagai back-up dan melihat sistem yang dibangun, tidak akan ada masalah,” ucap Jokowi.

Jokowi juga menyebut, DPD PDI-P Jabar telah melakukan penghitungan suara berdasarkan form C1. Data yang telah berhasil dihitung sampai Sabtu siang mencapai 65 persen atau sekitar 19 juta pemilih.

“Posisinya sama seperti quick count. Tentu total di seluruh Indonesia tak akan ada pengaruh apapun dari perubahan di Jawa Barat atau tempat lain di Indonesia. Berdasarkan quick count nasional kita menang,” ujar Jokowi.

Berdasarkan quick count, perolehan suara Jokowi-Jusuf Kalla di Jabar hanya sekitar 41 persen dari jumlah suara sah. Perolehan itu kalah dari suara yang diperoleh pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang berhasil mendapatkan sekitar 59 persen suara.

Saat disinggung, kekalahan dari pasangan nomor urut 1 di Jabar, Jokowi enggan berkomentar lebih banyak. Beberapa kali dia mengulang untuk melihat hasil penghitungan manual pihaknya yang diperkirakan akan usai dalam waktu dekat. (VIL)