Tuesday , 25 February 2020
Home » Regional » Kabupaten Indramayu Barat Bakal Segera Berdiri

Kabupaten Indramayu Barat Bakal Segera Berdiri

Kabupaten Indramayu

JABARTODAY.COM, INDRAMAYU — Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Indramayu Barat (Inbar) segera terealisasi.

Menurut Ketua Panitia Pembentukan Kabupaten Indramayu barat (PPKIB), Sukamto, pembentukan Kabupaten Indramayu Barat segera mendapat persetujuan bersama dari gubernur dan DPRD Provinsi Jawa Barat

“Alhamdulillah, rencana pemekeran Kabupaten Indramayu akan diajukan untuk secepatnya mendapatkan persetujuan bersama Gubernur dan Dewan Jabar,” ungkapnya kepada Radar Cirebon, Minggu (12/1/2020).

Dikemukakannya, Bagian Otda Setda Kabupaten Indramayu mengikuti rapat dengan Biro Pemerintahan dan Kerjasama Pemprov Jawa Barat.

Hasil rapat menyebutkan, empat daerah, yakni Kabupaten Indramayu, Bogor, Garut, dan Sukabumi, akan segera diajukan untuk mendapat persetuan bersama antara Gubernur dan DPRD Provinsi Jabar.

Penandatangan persetujuan itu akan digelar melalui sidang paripurna DPRD Jabar sekitar Februari-Maret 2020.

Sukamto menyatakan, diprioritaskannya rencana pemekaran Bumi Wiralodra dinilai sudah memenuhi persyaratan berdasarkan regulasi terbaru untuk pembentukan calon daerah otonomi baru yakni Kabupaten Inbar.

Dokumen persyaratan pemekaran Kabupaten Indramayu yang telah diserahkan ke Prmprov Jabar, juga dinilai memenuhi standar karena penyusunannya merujuk Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Penataan Daerah sebagai aturan pelaksanaan Pasal 55 Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Calon Ibu Kota Indramayu Barat

Kecamatan Kroya, Kabupaten Indramayu, dinilai tepat untuk dijadikan ibu kota jika wilayah Indramayu Barat dimekarkan menjadi daerah otonom baru (DOB). Kroya mendapatkan skor tertinggi dari kecamatan lainnya yang ada di Indramayu.

Dilansir Pikiran Rakyat, penilaian dan penelitian Kroya sebagai ibu kota Indramayu Barat dilakukan oleh tim dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung. Penelitian selama sebulan itu akhirnya dipaparkan di hadapan jajaran pemerintah daerah pada, Senin, 8 Juli 2019.

Rencana pemekaran Indramayu berjalan sejak 1999. Awalnya, Kabupaten Indramayu Barat mencakup 12 kecamatan yang ada di Indramayu. Namun, hal itu bertentangan dengan UU yang hanya memperbolehkan luas daerah otonom baru 40 persen saja dari luas daerah induk sehingga ditetapkan hanya 10 kecamatan yang masuk Kabupaten Inbar.

Pemekaran tersebut dinilai mendesak demi memenuhi kebutuhan layanan administrasi bagi warga yang tinggal jauh dari kota Indramayu.

Saat ini Kabupaten Indramayu memiliki total luas mencapai 209.942 hektare. Luas itu terdiri atas 31 kecamatan, 309 desa, dan 8 kelurahan.

Wilayah kecamatan yang rencananya masuk ke dalam Indramayu Barat antara lain Kecamatan Haurgeulis, Gantar, Anjatan, Sukra, Patrol, Bongas, Kandanghaur, Gabuswetan, Kroya dan Terisi.*