Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas Naik 5%

  • Whatsapp
jalanberkarisma

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Jumlah kecelakaan lalu lintas meningkat sebesar 5% dari 32 kejadian, selama dua minggu sebelum Operasi Zebra 2012, menjadi 34 kejadian saat operasi dilaksanakan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung Ajun Komisaris Besar Yully Kurniawan yang didampingi Wakasatlantas Komisaris Deny Agung Andriana mengatakan selain jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas, total kerugian pun meningkat, yang awalnya Rp 43.550.000 menjadi Rp 54.950.000.

“Korban meninggal dunia yang asalnya dua orang menjadi seorang, kemudian luka berat yang awalnya tidak ada menjadi dua lalu luka ringan yang awalnya 39 orang menjadi 34 orang,” jelasnya saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Selasa (18/12).

Ditambahkannya, saat operasi Zebra, pihaknya melakukan tindakan tilang, yang awalnya sebanyak 4.402 dan saat operasi sebanyak 1.855, lalu teguran yang asalnya tidak ada menjadi 351. “Total sebelumnya ada 4.402 tindakan dan menjadi 2206 tindakan, menurun sekitar 50 persen,” paparnya.

Yully menegaskan dalam Operasi Zebra 2012 lalu ada beberapa hasil positif yang didapat, seperti kegiatan tersebut berlangsung dengan aman, lancar, antusias dan respon yang baik dari pengguna jalan. Kemudian, kegiatan Ops Zebra Lodaya 2012, tersosialisasikan program polisi tentang disiplin berkendara, meningkatkan kesadaran para pengendara dalam berlalu-lintas, dan terpelihara serta terjaganya situasi konsertincam secara teratur.

“Banyak hal positif yang didapat, namun ada beberapa hal yang masih perlu dibenahi dan ditingkatkan seperti kecelakaan, kita berharap tidak ada sama sekali kecelakaan,” katanya.

Diapun berharap usai operasi yang berlangsung selama 2 minggu, sejak 28 November – 11 Desember 2012 lalu, para pengguna jalan agar tetap mematuhi rambu-rambu dan disiplin berkendara guna keamanan dan keselamatan pengendara. (AVILA DWIPUTRA)

Related posts