Jembatan Cibuni Permudah Akses Warga 2 Kabupaten

  • Whatsapp
Jembatan Cibuni yang diresmikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Rabu (24/3/2021), menghubungkan akses dua kabupaten.

JABARTODAY.COM – SUKABUMI Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jembatan Cibuni sepanjang 120 meter, Rabu (24/3/2021). Jembatan yang berada di Kecamatan Cibuni, Kabupaten Sukabumi tersebut menjadi penghubung antara Kabupaten Sukabumi dengan Kabupaten Cianjur.

Menurutnya, kehadiran jembatan ini memberikan kebahagiaan yang tak terhingga bagi masyarakat Sukabumi dan Cianjur. Pasalnya, mereka bisa kembali beraktivitas dengan normal, seperti sekolah, jual beli sayuran, aksesibilitas pun menjadi lebih mudah dan cepat.

“Saya tidak bisa membayangkan kebahagiaan warga, karena ketika melihat jembatan itu yang tadinya antre, sempit sekarang lebar. Namun sebagai seorang arsitek, saya minta untuk menambahkan warna-warni biar ada tempat-tempat buat selfie-selfie silakan dan menjadi kebanggaan wilayah ini,” kata Emil, sapaan akrab Gubernur.

Emil menuturkan, pembangunan jembatan ini merupakan bukti kerja nyata dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mempermudah aksesibilitas jalan penghubung dua kabupaten.

“Mudah-mudahan Allah mencatat bahwa hari ini kepemimpinan kami para bupati, gubernur memberikan kebaikan untuk rakyat dan hasilnya semua menjadi bahagia dengan jalan yang bagus seperti ini,” ucapnya.

Baca Juga

Dia menekankan, semua pembangunan di Jabar bisa meningkatkan produktivitas warga, serta permudah promosi pariwisata lokal yang menjadi kebanggaan masyarakat Jabar.

“Hari ini jauh-jauh dari Bandung meresmikan sebuah jembatan bantuan provinsi yaitu Jembatan Cibuni yang menghubungkan dua kabupaten yaitu Sukabumi dan Cianjur. Biasanya menggunakan jembatan yang lama dan tidak memadai, sekarang alhamdulillah bisa selesai,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kang Emil pun membeberkan mengenai PT Jasa Sarana. Salah satu BUMD yang ada di Jabar itu akan ditugaskan membantu pembangunan di tiga sektor yakni kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur.

Dia mengklaim, konsep melibatkan BUMD merupakan terobosan baru di era kepemimpinannya, menjadikan pembangunan lebih cepat dan terasa oleh masyarakat.

“Nah ini konsep baru di Indonesia, ini terobosan kita bangun BUMD sehingga tidak ada lagi ribut lelang-lelang,” cetusnya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi Marwan Hamami menerangkan, Jembatan Cibuni bisa mengeksplorasi lagi potensi wisata dan sumber daya alam yang ada di Kabupaten Sukabumi dan Cianjur Selatan.

“Potensi yang dimiliki ini akan kita dorong untuk menyejahterakan masyarakat baik di Kabupaten Sukabumi maupun di Cianjur,” ujarnya.

Menurut Marwan, secara representatif Jembatan Cibuni akan memberikan manfaat yang sangat besar terutama bagi dua kabupaten ini. Dengan adanya jembatan ini, tentunya lalu lintas orang dan barang akan lancar.

“Sehingga mampu mengakselerasi nilai tambah perekonomian kemudahan dalam layanan kesehatan dan pendidikan serta mampu mendukung aktivitas masyarakat,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Cianjur Herman Suherman menuturkan, pembangunan Jembatan Cibuni ini sangat berdampak baik bagi keberlangsungan hidup masyarakat Jabar Selatan di Kabupaten Cianjur dan Sukabumi.

“Saya atas nama masyarakat Kabupaten Cianjur Kecamatan Cijati mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya, mudah-mudahan ini bisa bermanfaat buat Sukabumi dan Cianjur,”ucapnya.

Herman pun meminta perhatian lebih untuk wilayah Cianjur Selatan, dengan melanjutkan pembangunan infrastruktur jalan demi meningkatkan pendapatan dari pariwisata lokal.

“Memang saya dan warga sangat membutuhkan infrastruktur jalan di Cianjur. Untuk itu, minta perhatian untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur jalan dengan dibantu Pak Gubernur,” pungkasnya. (*)

Berita Terkait