Jelang Pilgub, Hanura Pastikan Dukung Heryawan

  • Whatsapp
Ahmad Heryawan menerima kujang dari Ketua DPD Hanura Jabar Azhar Aung disaksikan Ketua Umum Partai Hanura Wiranto di Hotel Horison, Sabtu (1/9). (NAJIP HENDRA SP/JABARTODAY.COM)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menegaskan dukungan terhadap Ahmad Heryawan untuk menjadi calon gubernur (Cagub) mereka pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2013 mendatang. Penegasakan dukungan tersebut disampaikan Ketua Umum Partai Hanura Wiranto saat berlangsungnya rapat kerja daerah (Rakerda) Partai Hanura Jawa Barat di Krakatau Convention Hall Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang 45, Bandung, Sabtu (1/9).

“Partai Hanura mendukung adinda Ahmad Heryawan, gubernur saat ini, calon gubenur, dan gubernur yang akan datang. Bagi Hanura, sekali mendukung, maka pantang berpaling. Kalau ada yang mencoba mengalihkan dukungan, laporkan kepada saya,” tegas Wiranto disambut tepuk tangan peserta Rakerda.

Purnawirawan bintang empat ini beralasan, Heryawan berhasil memberikan kemajuan bagi Jawa Barat. Salah satu buktinya dibuktikan dengan raihan 69 penghargaan dari pemerintah pusat maupun lembaga internasional. Karena itu, Heryawan dianggap layak meneruskan pembangunan di provinsi dengan jumlah penduduk sekitar 45 juta jiwa tersebut.

“Mendapat 69 penghargaan itu tidak mudah. Lima saja susah. Kita nilai juga kesejahteraan masyarakat Jabar sudah mulai menunjukkan kemajuan berarti. Sejalan dengan ilmu militer, apabila pertempuran sedang perlangsung, dilarang mengganti komandannya. Demikian pula dalam dunia usaha. Bila usaha sudah menghasilkan laba, jangan ganti direkturnya maupun stafnya. Nah, ‘perusahaan’ Jawa Barat yang sudah maju ini jangan diganti pemimpinnya,” tegasnya.

“Saya instruksikan agar seluruh pengurus dan kader bersungguh-sungguh bekerja keras, cerdas, dan tuntas, menyukseskan calon gubernur yang kita usung yakni Ahmad Heryawan. Kita antar kembali Kang Aher menjadi Gubernur Jabar 2013-2018. Kita sudah bulat mengusungnya dalam Pilgub Jabar 2013,” tambah orang kepercayaan mendiang mantan presiden Soeharto tersebut.

Menurutnya, DPP Hanura telah memutuskan dan mengukuhkan untuk mendukung penuh Heryawan sebagai Cagub Jabar 2013 sejak Maret lalu. Keputusan tersebut diambil melalui pertimbangan matang dan tidak asal-asalan. Dalam dukungan tersebut, Hanura tidak meminta konsesi apa-apa, termasuk meminta kursi calon wakil gubernur. Deal yang dihasilkannya hanya kesediaan bersama-sama membangun Jawa Barat.

“Tidak ada alasan berpaling muka dan berubah hati untuk mendukung Ahmad Heryawan. Lanjutkan kepemimpinan Ahmad Heryawan. Momentum ini jangan dihentikan,” tandasnya.

Menanggapi dukungan tersebut, Heryawan mengaku sangat bersyukur. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Partai Hanura yang telah mendukungnya secara tegas, baik melalui surat keputusan resmi partai maupun dukungan simbolis berupa kujang yang diberikan sebelum Rakerda. “Tentunya saya ucapkan terimakasih atas dukungan yang diberikan Hanura. Saya akui mempermudah perjuangan membangun Jabar,” kata Heryawan.

Disinggung mengenai deal politik, Heryawan enggan membocorkan bentuk konrektnya. “Deal-dealnya seperti yang disebutkan Pak Wiranto, yakni bersama-sama membangun Jawa Barat. Kita lanjutkan untuk lebih menyejahterakan rakyat Jawa Barat,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tate Qomarudin mengungkapkan, dukungan Hanura dengan sendirinya menjadi tiket menuju pencalonan. Dengan tiga kursi yang diperoleh Hanura di DPRD Jabar, berarti syarat minimum pencalonan sudah terpenuhi. Maklum, PKS sendiri memiliki 13 kursi. Sementara jumlah minimal adalah 15 kursi.

“Kita terus menjalin komunukasi intensif dengan partai lain maupun komponen masyarakat lainnya. Sejauh ini belum bisa dipastikan karena memang belum ada calon yang benar-benar definitif dicalonkan partainya. Nah, Hanura yang memberikan dukungan pertama, dan ini sudah cukup untuk mengajukan calon,” terang Tate.(NJP)

Related posts