Thursday , 30 January 2020
Home » Headline » Jelang Natal, Polisi Sterilisasi Gereja

Jelang Natal, Polisi Sterilisasi Gereja

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Satu Unit Penjinak Bom, yang terdiri dari lima personel Satuan Brigade Mobil Polda Jawa Barat, serta lima personel dari Polrestabes Bandung, menyisir 14 gereja besar di Kota Bandung, untuk melakukan pengamanan dini menjelang Natal, Senin (24/12).
Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polrestabes Bandung Komisaris Rosdiana mengatakan 14 gereja yang disterilisasi merupakan gereja besar dengan kapasitas diatas 1000 jemaat.

“Berkaca kepada kejadian tahun 2000, dimana ada aksi teror bom di beberapa daerah, kita antisipasi dini agar tidak terjadi,” jelasnya saat ditemui ketika sedang melakukan penyisiran di gereja HKBP, Jalan RE. Martadinata.

Dijelaskan Rosdiana, Unit Jibom dibekali alat lengkap untuk mendeteksi bom, seperti alat metal detector, alat deteksi bahan peledak, dan tongkat kaca. “Para penjinak bom menyisir dan mengecek seluruh tempat di gereja, seperti sekitar halaman gereja dan di dalam gereja seperti tempat duduk, mimbar dan sebagainya,” paparnya.

Rosdiana sendiri menyebut, sampai saat ini tidak ada indikasi akan adanya ancaman bom. “Kecurigaan pun masih tidak ada, sterilisasi akan terus dilakukan hingga acara Natal selesai dengan melibatkan anggota polsek yang sudah bersiaga sejak tadi malam,” ungkapnya.

Diapun mengharapkan agar proses misa dan sembahyang pada hari raya umat Nasrani tersebut dapat berjalan lancar dan tidak ada ancaman atau kejadian apapun. “Semoga lancar dan jemaat dapat beribadah dengan khusuk,” imbuhnya.

14 gereja yang dilakukan sterilisasi oleh Satbrimob Polda Jabar dan Polrestabes Bandung adalah:

1. Gereja Katedral/Santa Petrus di Jalan Merdeka.

2. GKI di Jalan Van Deventer No.11.

3. Gereja Salib Suci di Jalan Kemuning.

4. Gereja Istana Muara di Jalan Muara Batu No.8

5. Gereja Kristen Imanuel  di Jalan Pasirkaliki No.63.

6. Gereja Gandasura di Jalan Sumber Makmur.

7. Gereja Kristen Pasundan di Jalan Kebonjati No.108.

8. Gereja Ho Kim Tong di Jalan Gardujati No.51.

9. Gereja Injil Indonesia di Jalan Cikapayang No1-2.

10. Gereja Santa Lauransius di Jalan Sukajadi.

11. Gereja Santa Audillia di Jalan Cikutra.

12. Gereja HKBP di Jalan Martadinata.

13. Gereja Batu Zaman di Jalan. Maulana Yusuf

14. Gereja HKBP di Jalan Jakarta No.11. (AVILA DWIPUTRA)