Friday , 5 June 2020
Home » Headline » Jabar Mengembara Buka Lapangan Kerja Baru

Jabar Mengembara Buka Lapangan Kerja Baru

Gubernur Heryawan berkunjung ke sala satu stand pameran Jabar Mengembara di gedung Islamic Center Karawang, Rabu (24/10). (HUMAS PEMPROV JABAR)

JABARTODAY.COM – KARAWANG

 

Belajarlah kepada China. Itulah pesan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat membuka rangkaian kegiatan “Jabar Mengembara” di Gedung Islamic Centre Karawang pada Rabu (24/10) siang. China, imbuh Heryawan, sukses mengembara ke mana pun di pelosok dunia. Kini, tidak ada negera di belahan dunia tanpa bangsa China.

 

“Jangka pendeknya mengurangi pengangguran, meningkatkan kesejahteraan pekerja. Jangka panjangnya diharapkan mereka bisa jadi pengusaha yang bisa menyerap tenaga kerja,” jelas Heryawan.

 

Pria yang akrab disapa Kang Aher ini pun bercerita di depan ribuan pengunjung. Menurut Heryawan, data Pengembara Jabar terbanyak ada di Sydney, Australia. Jumlahnya mencapai 5.000 orang. Dia berharap, ke depan warga Jawa Barat terus memperluas pengembaraannya ke seluruh dunia.

 

Saat bertemu dengan para pengembara itu, ketika Kang Aher ke Sydney, ia berpesan untuk terus meningkatkan kualitas diri dan ekonomi. “Saya bilang jangan buru-buru pulang, boleh pulang asal ke sini jadi investor, buka usaha baru,” jelas Kang Aher.

 

Dengan banyaknya pengembara, maka diharapkan semakin membuka peluang  usaha dan memperluas kesempatan lapangan kerja. Dengan kata lain, dapat mengurangi tingkat pengangguran, khususnya di Jawa Barat.

 

Heryawan kembali mengutip sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa untuk jadi sebuah negara sejahtera, negara harus memiliki minimal 8 persen pengusaha dari total jumlah penduduknya. “Singapura 8 persen, China 11 persen, Amerika 12 persen, nah Indonesia cuma 0,8 persen. Masih sangat jauh, kita harus mengejarnya,” kata Kang Aher.

 

Dengan program “Jabar Mengembara”, diharapkan dapat menggenjot angka prosentasi jumlah pengusaha di Jawa Barat dan Nasional. “Jawa Barat diharapkan menjadi pelopor lahirnya pengusaha baru di Tanah Air,” tuturnya.

 

Sedangkan untuk tenaga kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri, Heryawan memprioritaskan dua hal. Pertama, di sektor formal karena perlindungan dan jaminan kerjanya jelas. Kedua, ke negara-negara yang punya perundangan kesehatan keselamatan pekerja yang jelas.

 

Rangkaian kegiatan Jabar Mengembara ini dimulai dari Kabupaten Karawang pada 24-25 Oktober, Kabupaten  Bogor 8-9 November, Kabupaten Sukabumi 22-23 November, dan Kota Depok 26-27 November.(HUMAS PEMPROV JABAR/NJP)