Investasi Ilegal, 23 Situs MMM Diblokir

aJABARTODAY.COM- JAKARTA. Karena dinilai investasi ilegal, sebanyak 23 situs internet terkait  bisnis Mavrodi Mondial Moneybox (MMM).  Keputusan itu diambil Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) setelah mendapatkan rekomendasi dari tim panel bidang investasi ilegal.

“Kominfo pagi tadi sudah mengirimkan surat kepada pengelola ISP (Internet Service Provider, red) agar menutup 23 situs itu. Dan sore tadi, 23 situs tersebut sudah tidak bisa diakses,” ujar Kepala Departemen Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Anto Prabowo dalam kegiatan Media Gathering Jurnalis Jawa Barat (Jabar), di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (16/4/2015).

Anto menjelaskan pengelola situs investasi ilegal kebanyakan berada di luar negeri namun demikian pemblokiran diharapkan bisa dilakukan secepatnya agar tidak semakin banyak masyarakat yang dirugikan.

“Kemungkinan akan ada penolakan dari pengelola situs atau masyarakat mitra MMM karena tidak bisa lagi mengakses situs tersebut. Tapi, Kominfo bisa melakukan normalisasi kembali jika pengelola dapat memberikan alasan yang jelas sesuai perundangan yang berlaku,” ujarnya.

Selain itu, jelas Anto, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) juga sudah menegur tiga televisi swasta nasional yang masih menyiarkan iklan MMM.

“KPI sudah mengeluarkan surat edaran agar seluruh televisi dan radio tidak lagi menayangkan iklan investasi MMM,” harapnya. (roez)

Related posts