OJK Jalin Kerja Sama dengan Korea FSC dan Korea FSS

20150416_120247JABARTODAY.COM-JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjalin kerja sama dengan Korea Financial Services Commission (Korea FSC) dan Korea Financial Supervisory Service (Korea FSS) tentang pertukaran informasi dan peningkatan kapasitas pengawasan di sektor keuangan.

Penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad, dan Gubernur Korea FSS Zhin Woong-Seob di Kantor OJK Gedung Soemitro Djojohadikusumo, Jakarta, Kamis (16/4/2015). Adapun penandatanganan MoU dengan Korea FSC telah dilakukan lebih dulu oleh Yim Jong-yong selaku Chairman Korea FSC.

“MoU ini merupakan amanat dari UU Nomor 21 Tahun 2011 tentang OJK (UU OJK), yang mengamanatkan OJK untuk melakukan kerja sama dengan otoritas pengawas Lembaga Jasa Keuangan di negara lain, serta organisasi internasional, dan lembaga internasional lainnya antara lain pada kegiatan pengembangan kapasitas kelembagaan, pertukaran informasi di bidang pengaturan, dan pengawasan Lembaga Jasa Keuangan, ujar Muliaman.

Ruang lingkup kerja sama yang diatur dalam MoU ini mencakup kegiatan pertukaran informasi dan peningkatan kapasitas pengawasan kedua otoritas.

“Melalui pelaksanaan MoU ini, diharapkan dapat mendukung perluasan kegiatan usaha institusi perbankan Indonesia di Korea Selatan dalam waktu dekat. Di sisi lain, institusi perbankan Korea telah hadir di Indonesia. Dalam rangka pengawasan secara terkonsolidasi, pengetahuan tentang kinerja kantor cabang atau anak usaha di luar negeri sangat penting untuk mengukur kinerja dan profil risiko institusi perbankan secara utuh,” ujarnya.

Menurut Muliaman, kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan keahlian kedua otoritas dalam area pengawasan dan pengaturan industri jasa keuangan. OJK terus mendorong perkembangan sektor jasa keuangan agar tumbuh sehat, berkesinambungan, serta dapat berkontribusi lebih besar dalam meningkatkan perekonomian nasional dan kesejahteraan rakyat. (roez)

Related posts