Sunday , 5 April 2020
Home » Ekonomi » KAA, Telkom Garansi Akses Internet Aman

KAA, Telkom Garansi Akses Internet Aman

telkomJABARTODAY.COM – BANDUNG —  Ajang akbar segera bergulir di Kota Bandung. Pekan depan, ibu kota tatar Pasundan itu menjadi tuan rumah penyelengaraan Peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60. Tentunya, ajang tersebut menyedot perhatian banyak kalangan, tidak terkecuali para jurnalis dari berbagai negara.

Melihat kondisi itu, tidak tertutup kemungkinan, traffick telekomunikasi menjadi luar biasa padatnya. Karenanya, untuk melancarkan dan memenuhi kebutuhan telekomunikasi dan komunikasi, PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk melakukan berbagai upaya dan persiapan.

“Pelaksanaan KAA ke-60 kami kawal. Itu kami lakukan tidak hanya di Jakarta, tetapi juga Bandung. Upaya kami yaitu menyediakan pelayanan ICT bagi mereka yang mengadiri agenda akbar itu,” tandas Direktur Ekonomi dan Bisnis PT. Telkom, M. Awaluddin wartawan di Jalan Lembong, belum lama ini.

Pihaknya, ungkap Awaluddin, menyiapkan dan menyediakan sejumlah infrastruktur telekomunikasi dan informasi. Yaitu, jelas dia, kebutuhan untuk video, internet, dan foto (VIP). Upaya lainnya, ungkap dia, lembaga BUMN itu melakukan pemasangan WiFi pada sejumpah titik strategis, termasuk area publik.

“Secara keseluruhan, di Jakarta dan Bandung, kami siapkan 20 Giga Byte per Second (GBpS) bagi 500 titik Access Point (AP). Para peserta dan delegasi Peringatan KAA ke-60 termasuk jurnalis dapat memanfaatkan ke-500 AP itu. Insyaallah, 99,99 persen akses komunikasi dan informasi berlangsung lancar dan tidak mengalami hambatan,” ucap Awal, sapaan akrabnya.

Untuk melancarkan konektivitas, tukasnya, pihaknya pun dibantu anak-anak perusahaan PT Telkom. Satu di antaranya, PT Telkomsel. Provider telekomunikasi selular itu, ujarnya, memiliki sarana penunjang. Antara lain, berdiri dan beroperasinya sekitar 6.000 BTS di Jabar. “Untuk KAA, PT Telkomsel menyiapkan 800 BTS bersistem 2-G, 900 BTS bersistem 3-G, dan 100 BTS bersistem 4-G,” tutup Awal.  (ADR)