Honda CR-Z, Sport Hybrid Pertama di Dunia Hadir di Indonesia

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – BANDUNG Honda Bandung Centre menargetkan penjualan 10.583 unit kendaraan dengan yang terdaftar di kepolisian sebesar 7.932 unit pada tahun 2013 ini. Hal itu disampaikan oleh Operational Manager HBC Eko Kunwinsono dalam launching Honda CR-Z di Trans Studio Mall, Kamis (28/2).

“Selain itu kita juga menargetkan penjualan CR-Z sebanyak 45 unit di Jawa Barat,” ujarnya.

Di kesempatan tersebut, Eko juga menjabarkan secara detail, produk Honda yang tingkat penjualannya tinggi di 2012 lalu. Posisi pertama ada Honda Jazz dengan 1956 unit, disusul Honda Freed dan Odyssey sebesar 2192 unit, lalu Honda CRV dengan 1167 unit, dan terakhir Honda Brio 682 unit.

“Honda Brio pelan-pelan sudah mulai mengejar. Namun tetap Honda Jazz masih yang paling tinggi tingkat penjualannya,” imbuh Eko.

Eko juga menyebut, bahwa antusias masyarakat terhadap mobil Honda CR-Z cukup tinggi, khususnya di Bandung, sudah ada 5 orang yang meng-inden mobil tersebut. Dituturkan Eko, pemesan kebanyakan bukan anak muda, melainkan orang yang telah berumur. “Kita juga ga ngerti. Kita berharap nantinya ada anak muda yang membeli Honda CR-Z,” ucapnya sambil tersenyum.

Honda CR-Z merupakan mobil sport hybrid pertama Honda. Honda CR-Z pertama kali muncul di ajang Tokyo Motor Show 2009 dan resmi diluncurkan pada acara North American International Auto Show (NAIAS) di Detroit, Amerika Serikat pada tanggal 11 Januari 2010. Namun model baru mobil ini pertama kali dikenalkan di Indonesia pada 2012 lalu.

Mobil yang didesain dengan konsep sporty ini diperkuat dengan mesin i-VTEC 1,5 liter dipadu dengan teknologi baterai Integrated Motor Assist (IMA).

Performa mesin Honda CR-Z otomatis mampu menyemburkan 118 Ps pada putaran mesin 6.600 rpm untuk tipe transmisi CVT. Sementara transmisi manual mampu menghasilkan daya maksimal 120 Ps pada putaran mesin 6.600 rpm untuk tipe transmisi manual 6 percepatan.

Mesin 1.500 cc itu dipadukan baterai bertenaga 144 volt bertenaga 20 Ps. Menariknya tersedia 3 mode pengendaraan yakni Normal, Sport dan Econ. Dan juga ada cruise control.

Berbagai fitur keselamatan juga tersedia pada mobil ini seperti sistem pengereman ABS, EBD dan BA serta di bagian interior yaitu front airbag, side airbag with OPDS, dan side curtain airbag.

Terdapat pilihan warna seperti Premium Energetic Yellow Metallic, Premium Northern Lights Violet Pearl, Premium White Pearl, Crystal Black Pearl dan Milano Red.

Honda CR-Z transmisi manual 6 percepatan dibandrol seharga Rp 490 juta. Dan Rp 504 juta untuk Honda CR-Z transmisi CVT (matic). Semua harga On The Road dan BBN Mobil Pertama dan gratis kaca film V-Kool.

Untuk warna, yakni Premium Energetic Yellow Metallic, Premium Northern Lights Violet Pearl, dan Premium White Pearl, dikenakan tambahan biaya Rp 1 juta. (AVILA DWIPUTRA)

Related posts