Hari Pertama Kerja, Jalan Bandung Masih Lengang

  • Whatsapp

Ruas Jl. Merdeka, Bandung, saat hari pertama masuk kerja, Kamis (23/8), telihat lengang oleh kendaraan. (AVILA DWIPUTRA/JABARTODAY.COM)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Memasuki hari keempat Lebaran, Kamis (23/8), jalanan di Bandung masih belum terlalu ramai. Jalan-jalan protokoler seperti Alun-alun, Merdeka hingga Ir. H. Juanda (Dago), masih terpantau sepi. Belum terlihat kepadatan seperti hari-hari biasanya, bahkan arus lalu-lintas di Alun-alun Bandung masih terhitung lancar. Begitu juga jalan-jalan yang biasanya selalu dipadati oleh masyarakat semisal Soekarno-Hatta atau Jl. Jakarta, yang biasanya ramai pada saat jam pulang kerja, kali ini cukup lenggang, terutamanya di perempatan Kiaracondong-Antapani.

Keramaian baru terlihat di beberapa pusat perbelanjaan, seperti Bandung Indah Plaza, Paris van Java, Trans Studio Mall, hingga Istana Plaza. Begitu juga di berbagai factory outlet, terutama yang berada di Jalan Riau, dipenuhi oleh masyarakat yang berbelanja atau sekadar cuci mata. Bahkan di salah satu tempat perbelanjaan, tempat parkir yang ada sudah penuh.

Berdasarkan pantauan, mayoritas kendaraan yang lalu-lalang, juga memasuki tempat berbelanja tersebut berplat B atau Jakarta. Tidak hanya, pusat perbelanjaan, tempat kuliner di Bandung pun ikut diserbu oleh warga Bandung juga Jakarta. Meski hari ini sebagian besar pegawai telah mulai kerja, namun masih banyak masyarakat yang menghabiskan waktunya di sini. Beberapa dari mereka mengaku mengambil cuti tambahan, sekaligus mengajak anak-anak mereka yang libur sekolah. Seperti diutarakan oleh Jan Ahmad (45), warga Jakarta Selatan, yang datang ke salah satu pusat tas di Jalan Riau. “Iya, saya baru masuk hari Senin. Ngajakin anak libur aja, mumpung masih lama (liburnya),” kata Jan, sambil melihat ikat pinggang, Kamis siang.

Terkait hari pertama kerja bagi beberapa instansi, melalui pengamatan, di sebagian instansi pemerintahan, seperti Pemkot Bandung, serta beberapa dinas, masih terlihat sepi. Parkiran kendaraan yang biasanya penuh, terlihat masih cukup lowong, begitu juga dengan pegawai yang biasanya berlalu-lalang, belum terlihat seperti hari-hari biasanya. Tak terkecuali bengkel, masih banyak tempat untuk memperbaiki atau memeriksa kendaraan bermotor, yang belum membuka pelayanan mereka, seperti di daerah Kiaracondong atau Jalan Brigjen Katamso.

Untuk Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Pengadilan Tinggi Jawa Barat, Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, dan Kejaksaan Negeri Bandung, juga masih belum terlihat aktivitasnya. Hanya saja, beberapa pegawai telah memulai kegiatannya, dikarenakan jatah libur atau cuti bersama yang telah habis. Untuk PN Bandung sendiri, seperti pernah disampaikan oleh Humas PN Bandung Sumantono, kegiatan sidang tergantung dengan pihak yang bersangkutan, seperti jaksa dan hakim. “Yang pasti hari Kamis (23/8), udah mulai masuk kerja. Cuma belum tahu sudah ada sidang atau belum,” ujar Sumantono, beberapa waktu lalu.

Jalanan yang lengang di Kota Bandung sendiri, diakibatkan masih banyaknya pedagang yang belum menggelar jualannya. Malahan, beberapa pedagang kaki lima, baru ada yang melakukan mudik setelah lebaran, seperti Yati (32), untuk menghindari kemacetan dan kepadatan penumpang. “Ga apa-apa, ngumpulin uang dulu, soalnya omzet pas Lebaran gede banget,” ucapnya sambil tersenyum. Diperkirakan lalu-lintas serta kegiatan masyarakat akan kembali normal pada Senin (27/8) mendatang. (AVILA DWIPUTRA/DEDE SUHERLAN)

Related posts