Emil Bakal Desain Masjid Islamic Center Surabaya

  • Whatsapp
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat bersilahturahmi dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan menghadiri Muslimat NU di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (19/4/2021).

JABARTODAY.COM – BANDUNG Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, dirinya berkomitmen untuk menyampaikan dakwah melalui infrastruktur. Salah satunya dengan mendesain masjid di berbagai daerah dan negara.

Teranyar, Emil, sapaan akrab Gubernur, akan mendesain masjid di Islamic Center Surabaya, Jawa Timur. Hal itu dikatakannya saat bersilahturahmi dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (19/4/2021) malam.

“Bu Khofifah meminta saya untuk mendesainkan masjid di Surabaya. Alhamdulillah jadi ladang ibadah. Insya Allah nanti di Jatim akan didesainkan masjid paling keren se-Indonesia,” ungkapnya.

Selain di Indonesia, Emil juga mendesain Masjid Syeikh Ajlin di Gaza Palestina. Peletakan batu pertama pembangunan masjid tersebut pada Rabu (7/4/2021) diselimuti rasa haru.

Tak hanya bersilahturahmi dengan Khofifah, dalam agenda tersebut, Emil turut menghadiri Muslimat NU Jabar. Dia mengaku terharu akan kerinduan Muslimat NU Jabar untuk bertemu secara langsung dengan pemimpinnya.

Baca Juga

“Sangat terasa memang kalau pidato dari hati, bergetar lahir batin saking bahagianya, karena memang selama Covid-19 tatap muka dibatasi,” tuturnya.

Menurutnya, bertemu secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan dapat melepas kerinduan dalam organisasi tersebut.

“Nikmat terbesar adalah nikmat silaturahmi, kami para pemimpin ini jarang bertemu biasanya sebulan sekali di Jakarta oleh kegiatan. Dan oleh Covid-19 ini kami dibatasi, saya dengar Bu Khofifah  juga dua tahun menahan diri. Tadi kerinduan Muslimat NU luar biasa kerasa sekali,” imbuhnya.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengaku kagum dengan desain-desain masjid yang dibuat oleh Kang Emil.

“Tadi saya juga matur kepada beliau mohon untuk bisa di-suport bagaimana arsitektur yang beliau sudah lakukan. Saya ke Padang dan saya menikmati sekali bagaimana arsitektur masjid Raya Sumatera Barat yang luar biasa dan di Makassar juga. Saya menikmati hasil karya beliau juga dan tentunya kita berharap bahwa akan ada sentuhan beliau untuk arsitektur masjid yang sedang kita siapkan untuk Islamic Center di Surabaya,” tambahnya.

Khofifah pun berharap desain masjid di Islamic Center Surabaya segera selesai, sehingga peletakan batu pertama pembangunan masjid dapat dilakukan.

“Mudah-mudahan ini bisa disegerakan dari berbagai kesibukan beliau karena kami berharap di tahun 2021 ini bisa kita mulai proses groundbreaking-nya. Mudah-mudahan silaturahmi ini akan menjadi bagian dari saling menyambung program di provinsi masing-masing,” tuturnya. (*)

Related posts