Home » Bandung Raya » Dewan Minta Dishub Hentikan Operasional Skuter Listrik

Dewan Minta Dishub Hentikan Operasional Skuter Listrik

Skuter listrik sedang marak di kota besar. (foto: istimewa)

JABARTODAY.COM, BANDUNG — Sekretaris Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bandung Hasan Faozi meminta kepada Dinas Perhubungan Kota Bandung untuk menghentikan penyewaan skuter listrik yang saat ini marak digunakan masyarakat di jalan jalan Kota Bandung. Pasalnya, hal itu dinilai berpotensi menyebabkan kecelakaan.

“Saya meminta Dishub menertibkan skuter listrik, karena mengganggu pengguna ruang publik lainnya,” kata politisi Partai Gerindra ini, di Gedung DPRD Kota Bandung, Jum’at (27/12).

Menurut Ozi, sapaan akrabnya, jika pihak Dishub tidak melakukan langkah pencegahan, tidak tertutup kemungkinan akan ada jatuh korban. Pasalnya, jalur yang dilewati skuter listrik merupakan jalan umum.

Untuk itu, dia meminta aktivitas itu dihentikan, apalagi sejauh ini keberadaan skutet listrik tersebut tidak memberi kontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Kota Bandung.

“Operasional skuter listrik menggunakan fasilitas negara, tapi tak berikan kontribusi pada pembangunan. Itu harus dihentikan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Ozi, menyoroti jam operasional skuter listrik, kehadirannya sedikit banyak mengusik keberadaan angkutan umum.

“Saya harapkan, operator skuter listrik tak bicara dulu aturan sewa menyewa. Tetapi kaji dampak kehadirannya bagi angkutan umum, disamping juga aspek keselamatan masyarakat,” katanya.

Dia menilai, pembatasan jam operasional sangat penting. Sebab pada malam hari di jalanan yang mulai sepi, tidak menutup kemungkinan ada bahaya yang mengancam.

“Selesaikan dulu regulasi operasional. Jangan gunakan ruang publik, bila tidak ada aturan yang jelas. Dan kepolisian harus melarang skuter listrik beroperasi di jalan raya,” pungkas Ozi. (edi)

Baca Juga:  RSUD Tekan Biaya Kesehatan Masyarakat