Dewan Dakwah Jabar Ajak Ormas Islam Jalin Kerja Sama dan Perkuat Ukhuwah

  • Whatsapp
Acara Dewan Dakwah Jabar bersama Ormas Islam ( foto: dok.ddii jabar)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JABARTODAY.COM,BANDUNG BARAT– -Memanfaatkan momen Ramadhan yang penuh berkah, Dewan Dakwah Jawa Barat (DDII Jabar) menggelar acara buka puasa bersama, Selasa (4/5/2021). Acara yang digelar disebuah rumah makan dikawasan Punclut Lembang Bandung Barat ini dihadiri perwakilan Ormas Islam dan Komunitas Dakwah.

Dalam sambutannya M. Roinul Balad selaku Ketua DDII Jabar yang menyampaikan menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada undangan yakni dari ormas dan pergerakan Islam di Jawa Barat yang telah meluangkan waktunya untuk hadir bersilaturahmi.

 

“Tak lupa ucapan terima kasih kepada semua pihak dan para donatur yg telah ikut andil membantu sehingga acara ini bisa terlaksana dengan lancar,”ungkapnya.

 

Lebih lanjut M.Roin menekankan pentingnya ukhuwah atau persatuan di kalangan umat Islam melalui wadah ormas Islam yang berada di Jawa Barat.

“Ukhuwah adalah salah satu kunci kemenangan dalam dakwah maka semangat ukhuwah ini harus kita pupuk, kita rawat, kita tingkatkan dan kita sinergikan dalam beberapa kegiatan,”ajaknya.

Sementara itu dalam sambutannya Ketua Forum Silaturahmi Ormas Islam (FSOI) Abdullah Syuaib menyampaikan bahwa saatnya antara ormas dan pergerakan Islam bersinergi dalam beramar mar’uf nahyi munkar.

“Kegiatan amar maruf nahyi munkar harus sejalan dan tidak bisa dipisahkan dalam menjawab problematika ummat terutama di Jawa Barat,”ajaknya.

Hal senada juga disampaikan Iman Latif selaku Ketua PW Persis Jawa Barat. Menurutnya sudah saatnya umat Islam menanggalkan perbedaan yang sifatnya khilafiyah dan sebaliknya bersatu padu berdasarkan persamaan.

Dalam silaturahmi dan buka puasa bersama yang mengambil tema Mempererat Ukhuwah di Bulan Penuh Berkah tersebut setiap Pimpinan atau perwakilan Ormas Islam diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan dan pandangannya. Mereka sepakat bahwa saat ini yang paling dibutuhkan oleh ummat Islam adalah ukhuwah Islamiyyah.

 

Acara ditutup dengan tausyiah oleh Dr. H. Hadianto, M.I.Kom selaku Wakil Ketua Majelis Syuro DDII Jabar. Dalam tausyiahnya Dr. H. Hadianto menyampaikan saat ini Indonesia membutuhkan seorang negarawan yang siap berkorban dengan mengedepankan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan.

“Di kalangan ummat Islam sebenarnya sudah ada contoh yang bisa dijadikan sebagai rujukan yaitu M. Natsir yang merupakan sosok negarawan yang patut diteladani oleh tokoh dan ummat Islam saat ini karena mampu memberikan kontribusi nyata dan terbaik untuk Indonesia tanpa melihat kepentingan politik,”tegasnya.

Usai tausyiah dari pak Hadianto, acara ditutup dengan doa dan buka bersama. Menurut daftar hadir kegiatan ini diikuti antara lain PW Muhammadiyah, PW Persis, Forum Silaturahmi Ormas Islam (FSOI), Al Washliyah, Al Irsyad, Persatuan Ummat Islam (PUI), Parmusi, Wahdah Islamiyah.

Sedangkan dari pergerakan Islam dan komunitas dakwah antara lain Junduloh Annas, Pembela Ahlussunnah (PASS), Gema Keadilan, AGAP, Gardah, Jawara Sunda, Kodas, Pemuda Istiqomah, Formasi, Aliansi Cinta Lembang dan yang lainnya.

Ditengah bulan Ramadhan yang masih dalam kondisi pandemi Covid-19, acara buka bersama Dewan Dakwah Jabar bareng ormas Islam ini tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) dengan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan bagi semua undangan. [ ]

 

Red: admin

 

Berita Terkait