Dekranasda Harus Genjot Potensi Lokal

JABARTODAY.COM – DEPOK

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat, Netty Prasetiyani Heryawan melantik Ketua dan Pengurus Dekranasda Depok periode 2011-2016 di Aula Balaikota Depok, Selasa (17/7). Pelantikan tersebut berdasarkan pada Surat Keputusan No. 20/SK/Dekranasda/IV/2012.

Nampak hadir pada acara tersebut, Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail, Muspida Kota Depok, dan jajarab Pengurus Dekranas. Dalam sambutannya Netty menegaskan pentingnya pengembangan potensi kerajinan Jawa Barat. Apalagi kerajinan masuk dalam 15 kluster ekonomi kreatif yang ditetapkan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

“Untuk itu, kita harus memiliki tanggung jawab dan partisipasi yang besar karena industri kerajinan ini memiliki dampak signifikan pada perekonomian rakyat. Industri kreatif ini menumbuhkan iklim bisnis yang baik,” tandas Netty.

Untuk itu,  jajaran Dekranasda diminta berupaya keras memajukan kerajinan di daerahnya masing-masing. Apalagi Dekranasda merupakan wadah pembinaan produk kerajinan daerah yang harus memiliki komitmen kuat terhadap industri kerajinan. Sehingga dapat menyumbangkan kontribusi pertumbuhan ekonomi yang besar.

Lebih lanjut Netty menyatakan optimis, Dekranasda dapat menjalankan fungsinya secara optimal. Yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cara menggali, mengembangkan dan melestarikan warisan budaya bangsa.

“Saya yakin, Dekranasda mampu menemukan berbagai potensi serta menciptakan iklim kerjasama yang baik. Apalagi Dekranasda didorong menjadi etalase Jabar yang mampu merepresentasikan keunggulan-keunggulan Jabar,” tuturnya.

Hal itu sekaligus mendorong peningkatan penggunaan produk lokal, terutama di sejumlah instansi Pemerintah dan pejabatnya. (ADV)

Related posts