Cawalkot Independen Butuh 80 Ribu Suara

  • Whatsapp
Pemilihan Wali Kota Bandung 2013

JABARTODAY.COM – BANDUNG

 

Jumlah pemilih dalam Pemilihan Walikota Bandung 2013 mendatang diprediksi akan mencapai 1 juta lebih. Hal itu disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung mengacu dari daftar pemilih sementara (DPS) Kota Bandung untuk Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013.

 

Ketua Divisi Program dan Data KPU Kota Bandung Heri Sapari mengatakan jumlah DPS Kota Bandung, yang tercatat untuk Pilgub Jabar, hingga 31 Desember 2012, yakni 1.668.847 orang. Namun begitu, KPU Kota Bandung tetap menunggu kepastian angka tersebut pada 5 Januari 2013 yang akan ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT).

 

“Mengenai jumlah pemilih di Kota Bandung, kami diuntungkan dengan agenda Pilgub Jabar saat ini. Namun kisarannya untuk Pilwalkot Bandung diprediksi tidak jauh dari angka DPS Kota Bandung,” jelas Heri dalam jumpa pers di kantor KPU Kota Bandung, Senin (31/12).

 

KPU Kota Bandung juga masih menunggu data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung, terkait data terbaru jumlah penduduk. Hal itu dilakukan sebagai penunjang bagi calon perseorangan atau independen yang berniat maju di Pilwalkot Bandung 2013.

 

Data terakhir hingga akhir 2012, jumlah penduduk di Kota Bandung sekitar 2,7 juta orang. Artinya, jika calon perseorangan ingin maju dalam pemilihan harus mendapat dukungan sekitar 80 ribu orang, disertai bukti kartu tanda penduduk sebagai tanda dukungan.

 

Selain itu, KPU Kota Bandung juga akan memulai membentuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Para petugasnya sama dengan petugas PPK dan PPS untuk Pilgub Jabar mendatang.

 

“Pembentukan PPK di tingkat kecamatan, dan PPS di tingkat kelurahan itu dimulai pada 2 Januari 2013. Untuk efesiensi waktu, kami akan merekrut PPK dan PPS yang saat ini bertugas melaksanakan Pilgub Jabar,” imbuhnya. (AVILA DWIPUTRA)

Related posts